Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Tenaga Kerja Pertamina

JAKARTA – Masyarakat diimbau untuk waspada, atas sejumlah aksi penipuan berkedok rekutmen tenaga kerja Pertamina yang diiklankan di beberapa surat kabar. Jika ada yang mencurigakan, sebaiknya menghubungi Contact Center Pertamina 500-000 atau mengunjungi situs: http://recruitment.pertamina.com guna mencek kebenarannya.

Penipuan berkedok rekruitmen kerja Pertamina itu beredar di beberapa surat kabar beberapa waktu belakangan ini. Iklan penipuan biasanya disertai dengan permintaan untuk membayar sejumlah biaya, guna mengikuti wawancara atau tes penerimaan kerja.

VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menegaskan, program rekrutmen pekerja baru Pertamina selalu diumumkan secara terbuka, melalui website resmi perusahaan. Selain itu, dalam proses perekrutan pekerja Pertamina, tidak pernah memungut biaya apapun.

“Tidak ada pengenaan biaya biaya pendaftaran, biaya tiket, dan lain sebagainya, dan tidak pula menunjuk perusahaan travel tertentu untuk menangani transportasi dan akomodasi pelamar dari dalam atau luar kota,” tegas Ali Mundakir di Jakarta, Rabu, 20 Februari 2013.

Ia pun meminta masyarakat mewaspadai iklan-iklan, undangan wawancara kerja, ataupun bentuk komunikasi lain yang mencurigakan dan menggunakan atribut Pertamina secara tidak bertanggung jawab.

Jika mendapati hal-hal mencurigakan terkait dengan modus tersebut, kata Ali, dapat memastikan kebenaran informasinya melalui Contact Center Pertamina 500-000, atau mengunjungi website Pertamina di: http://recruitment.pertamina.com.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)