Dunia Energi Logo Senin, 20 November 2017

Smelter Nikel Macrolink di Bantaeng Bakal Serap 300 Tenaga Kerja Lokal

Aktivitas di smelter pengolahan nikel.

Aktivitas di smelter pengolahan nikel.

BANTAENG – Direktur PT Macrolink Nickel Development (MND) Fernando Wang Feng Tao mengatakan, pihaknya bakal menanamkan investasi sekitar USD 200 juta untuk pembangunan smelter (pabrik pengolahan) nikel di Bantaeng, Sulawesi Selatan. Perusahaan tambang asal China ini optimis mampu menyerap sekitar 300 orang tenaga kerja lokal.

Ditemui usai penandatanganan perjanjian kerjasama penyaluran tenaga listrik dengan PT PLN (Persero) di Bantaeng, Kamis, 22 Agustus 2013, Wang Feng Tao mengaku sangat senang dan bangga bisa berinvestasi di Indonesia.

“Kami mendapat dukungan dan sambutan yang sangat baik dari jajaran pemerintah pusat dan daerah. Kami senang bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia,” ujarnya seraya menjelaskan bahwa di China, Macrolink masuk dalam 500 perusahaan terbesar, yang bergerak di bidang pertambangan dan properti.

“Pembangunan smelter ini, merupakan investasi Macrolink pertama di Indonesia,” tambahnya. Pembangunan smelter di Bantaeng, lanjutnya, akan dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama kapasitas produksi 100 ribu ton dan tahap kedua 100 ribu ton.

Investasi yang akan dikeluarkan Macrolink untuk pembangunan dua smelter itu, ungkap Wang Feng Tao, masing-masing mencapai USD 100 juta, dengan bahan baku (bijih nikel) dari Sulawesi Tenggara. Selanjutnya produk olahannya akan diekspor, selain ke China juga negara lain yang membutuhkan. “Adapun jumlah tenaga kerja lokal yang akan terserap sebanyak 300 orang ,” tukasnya.

PT Macrolink Nickel Development (MND) sendiri merupakan perusahaan swasta Indonesia, yang didirikan perusahaan swasta asal China, Macrolink International Mining Limited.

Anugerah Untuk Daerah

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin mengatakan, regulasi di bidang pertambangan yang mewajibkan pengolahan mineral tambang lewat pembangunan smelter di dalam negeri, menjadi anugerah tersendiri bagi pemerintah daerah.

Selain Macrolink, perusahaan lain yang sudah siap membangun smeltr nikel di Bantaeng adalah PT Bakti Bumi Sulawesi. Sebelumnya, PT Earthstone Metals And Mining juga telah berkomitmen membangun smelter di Bantaeng. “Setelah industri smelter ini masuk, kami harapkan diikuti oleh industri lain,” ujar Muhammad Yasin gembira.

Investasi di bidang pengolahan mineral tambang ini, tutur Yasin, berpotensi memberikan nilai tambah bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri dan daerah setempat. Diantaranya lewat peningkatan nilai tambah bahan mentah ferronickel, penambahan nilai pada sektor pajak, serta penyerapan tenaga kerja hingga 1.500 orang.

Selain itu, lanjut Yasin, pembangunan smelter mineral tambang juga secara tidak langsung dapat membuat produksi mineral tambang lebih terkendali (tidak boros, red), memacu industri hilir karena ketersediaan bahan baku di dalam negeri, serta mengurangi kerusakan lingkungan karena mineral yang tidak dimanfaatkan dapat dikembalikan.

“Pembangunan smelter, juga akan memberikan efek berantai yang positif di sektor perekonomian dengan adanya pemasok dan industri-industri ikutannya, dan pastinya meningkatkan lapangan kerja. Kemajuan konomi tidak lagi hanya berlangsung di pusat, tapi juga di daerah,” pungkasnya.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Komentar

  1. faizal mengatakan:

    muda-mudahan aq bisa kerja di PT titan bantaeng,karna pekerjaan ini bagian dari pekerjaan aq sebelumx,
    sebagai operator peleburan almanium di PT kima.aminnnnnnnnn

  2. ashar mengatakan:

    Butuh oprator buldozer tipe caterpillar dan komatsu hubungi saya

  3. Syaharuddin mengatakan:

    Kami Pencari Kerja khususnya Saya Pribadi mengjukn Lamaran Kerja LepadaPimpinan PT Macrolink Nickel Development (Bantaeng), dengan Skill yang Saya tekuni seperti. Admin, Driver, dan Operator Produksi….

  4. rinus mengatakan:

    butuh untuk preparasi sebelum ore nikel untk analisa lab hubungi saya, berpengalaman dibagian preparasi

  5. Farazzaky sukur mengatakan:

    sebagai salah satu perusahaan kami yg bergerak dalam bidang Catering di Makassar, kami berharap bisa turut serta dalam jasa catering di perusahaan PT. Macrolink Nickel Development Bantaeng.

    balas

  6. Farazzaky sukur mengatakan:

    mohon kami bisa mendapatkan alamat perusahaan tersebut baik di jakarta atau di bantaeng dan kepada siapa kami bisa mengajukan Company Profile perusahaan kami ?

    balas

  7. Isbur mengatakan:

    Setelah bekerja selama 9 thn d salah satu perusahaan yg bergerak di bidang Engginering & Construction (Oil & Gas ) sebagai HSE. ( Pengawas Keselamatan Kerja ) , semoga aja bisa bergabung dan mengabdi serta mengimplementasikan program keselamatan kerja d PT Mackrolink Nickel Develofment ,,,

    Salam

    Isbur

  8. Isbur mengatakan:

    Kepeda Bpk/Ibu,

    Harapan saya dan keluarga semoga setelah perpanjangan Certificate kompetensi K3 Migas di Batam Center 29 ,Nov 2016 ,saya bisa Bergabung ,mengimplementasikan dan meberikan Training Inhouse masalah Kesehatan, Keselamatan Kerja Lingkungan di PT Mackrolink Nickel Develofment, Amin

    Salam

    Isbur

  9. yorizal mengatakan:

    Selamat siang. Minta alamat perusahaan pak .makasih

  10. abdillah mengatakan:

    lamar krja.y dmna yah??

  11. abdi mengatakan:

    apkah prusahaan ini msih membutuhkan tenaga krja??
    trus cra daftar.y gmn?

  12. Abizal mengatakan:

    Apakah sekarang masih membutuhkan tenaga kerja ?
    Dan bagaimana cara daftarnya ?

  13. Julian fitra mengatakan:

    PT.macrolink nikel apa masih membutuhkn operator kiln burn & ESP system ??? Atau recovery boiller ny soal mudah2an saya bisa handle. Trmksh ats prhtianny

  14. Julian fitra mengatakan:

    Keep hight product and give service to partnership ,..never losses product and very attitude and loyality to leadership always.

  15. Jusran mengatakan:

    Sungguh sekiranya sangat membantu mengurangi penganguran di sulawesi selatan krn banyak sarjana yg tinggal drmh tampa ada kerjaan z harap pt ini memberikan harapan dan membuka lowongan buat masyarakat tahun ini.

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)