Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Kementerian ESDM Targetkan Tender Proyek 2016 Tuntas April

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan tender proyek untuk anggaran 2016 bisa dituntaskan pada April. Sudirman Said, Menteri ESDM, mengatakan dalam dua bulan terakhir, Kementerian ESDM telah menyusun dokumen tender dan pada Senin (9/11) ini akan dimulai iklan lelang pertama untuk anggaran 2016.

“Kita akan memasang iklan pelelangan dan kalau dihitung seluruh persiapannya, maka (lelang) dilakukan tujuh bulan lebih cepat dari biasanya,” katanya.

Menurut rencana, iklan lelang kedua akan dilakukan pada awal Desember dan untuk tahap ketiga, khusus untuk kegiatan multiyears, akan dilakukan pada Maret 2016. Sementara penandatanganan kontrak pertama pengerjaan kegiatan diharapkan mulai dilakukan pada tanggal 15 Januari 2016 dan tahap kedua pada akhir Januari 2016. “Saya kira tender akan selesai pada April 2016,” tambah Sudirman.

Sementara untuk serapan anggaran tahun 2015, hingga saat ini telah mencapai 37%, di mana 15% di antaranya merupakan hasil peningkatan dalam waktu dua bulan. Di akhir tahun 2015, serapan anggaran diperkirakan mencapai 65%.

Sudirman optimistis serapan anggaran kementerian ESDM akan lebih baik pada tahun depan. Dalam tiga hingga empat bulan terakhir, Kementerian ESDM telah bekerja keras mengatasi sumbatan-sumbatan yang terjadi selama ini serta menyusun formula agar pelaksanaan anggaran dapat dilakukan dengan lancar.(AT)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)