Dunia Energi Logo Jumat, 17 November 2017

Entitas Usaha Grup Salim Beli Proyek Batu Bara Rio Tinto

JAKARTA – MACH Energy Australia Pty Ltd, perusahaan yang dikontrol Droxford International, entitas asosiasi Grup Salim, membeli proyek tambang batu bara Mouth Pleasant di New South Wales, Australia senilai US$224 juta dari Rio Tinto.

Jean-Sebastian Jacques, Chief Executive Copper and Coal Rio Tinto, dalam keterangan tertulisnya Rabu (27/1), mengatakan Mouth Pleasant mempunyai masa depan yang cerah dibawah pemilik baru dengan prioritas dan alokasi dana yang berbeda untuk pengembangannya.

Mouth Pleasant merupakan proyek tambang batu bara besar di Hunter Valley, Utara Sydney dengan jumlah cadangan batu bara mencapai 474 juta ton. Regulator di negara tersebut telah memberikan persetujuan produksi sebesar 10,5 juta per tahun yang bisa dikembangkan.

Selain mendapat dana hasil penjualan Mouth Pleasant, Rio Tinto sesuai kesepakatan akan mendapat bagian dari royalti jika nantinya harga batu bara bisa mencapai US$72,5 per ton dibanding posisi saat ini sebesar US$43 per ton.

Rio Tinto merupakan pengelola wilayah operasi batu bara, Coal&Allied di Hunter Valley. Wilayah operasi tersebut mencakup Mount Thorley Warkworth, Hunter Valley Operations dan Bengalla. Hunter Valley Operation dan Mount Thorley Warkworth terdiri dari sejumlah tambang dengan produksi 5,2 juta ton semi-soft coking coal dan 19,5 juta ton batu bara thermal per tahun.(AT)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)