Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

PTBA, ITMG, dan UNTR Top Gainers di Hari Pertama

Aktivitas penambangan batubara PTBA.

JAKARTA – Saham emiten-emiten berbasis batubara dan alat berat, menjadi top gainers (memperoleh keuntungan tertinggi atas kenaikan, red) pada perdagangan hari pertama di Bursa Efek Indonesia, Rabu, 2 Januari 2012. Mereka diantaranya adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT United Tractors Tbk (UNTR).

Dari pantauan di Bursa Efek Indonesia, para investor masih cukup berhati-hati dan selektif dalam melakukan aksi beli pada hari pertama perdagangan pasca libur Tahun Baru 2013. Saham-saham berbasis komoditas utamanya batubara, menjadi unggulan sehingga harganya melejit hingga sore.

Diketahui harga saham PTBA ditutup pada level Rp 16.550,- per saham pada penutupan perdagangan, atau naik Rp 1.450,-. Sedangkan saham ITMG melejit ke level Rp 42.050,- per saham, atau naik Rp 500,-. Begitu pula saham UNTR ditutup naik Rp 1.250 ke Rp 20.950,-.

Meski sepanjang 2012 batubara mengalami kelesuan akibat turunnya harga. Namun tingginya kebutuhan akan energi membuat saham emiten batubara masih menjadi idola. Terlebih pasar batubara di dalam negeri semakin bagus, seiring bertambahnya unit-unit baru pembangkit listrik.

Saham-saham berbasis batubara juga terus menjadi incaran, karena kemampuan emiten-emiten di sektor energi tersebut bertahan ditengah volatilitas harga sepanjang paruh kedua 2012. Pulihnya ketertarikan pada saham batubara, juga mendongkrak pembelian pada saham berbasis alat berat.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)