Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

PROPER 2012, Medco E&P Raih Satu Emas dan Empat Hijau

JAKARTA – PT Medco E&P Indonesia Blok Rimau kembali meraih peringkat Emas, dalam penilaian Program Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Empat blok minyak dan gas (migas) anak perusahaan  PT Medco Energi Internasional Tbk ini juga meraih peringkat Hijau.

Throphy PROPER Emas itu diserahkan oleh Wakil Presiden RI Boediono di Jakarta,  Senin, 3 Desember 2012 dan diterima langsung oleh President Direktur Medco E&P Indonesia, Frila Berlini Yaman. Di sektor migas, Medco E&P merupakan yang pertama berhasil meraih PROPER Emas dua kali berturut-turut. Yakni periode penilaian 2010-2011 dan 2011-2012, keduanya melalui Blok Rimau di Sumatera Selatan.

PT Medco E&P Indonesia juga dianugerahi Peringkat Hijau untuk empat blok migasnya. Yaitu Blok South Sumatra Extension di Sumatera Selatan,  Blok Kampar, Riau,  Blok Tarakan dan Sembakung di Kalimantan Timur, serta Peringkat Biru untuk Blok Lematang di Sumatera Selatan.

Frila B Yaman menjelaskan, sejak 2011 hingga saat ini, ada delapan aspek penilaian untuk meraih PROPER Emas dan Hijau yang telah dilaksanakan oleh Medco E&P. Diantaranya sistem manajemen lingkungan yang andal, program konservasi energi dan sumber daya alam, program efisiensi energi, pengelolaan limbah B3, pengelolaan limbah domestik, kebijakan konservasi keanekaragaman hayati, dan Waste Treatment Center.

Aspek penilaian lainnya yang menjadi unggulan tahun ini adalah sekolah alam. Sekolah itu diperuntukkan bagi petani atau masyarakat sekitar, untuk bisa melakukan upaya pengembangan ekonomi secara berkelanjutan dan mandiri.

Lewat program itu, di 2012 ini Medco E&P berhasil memunculkan kelompok-kelompok baru berbasis pemberdayaan masyarakat di lingkar wilayah operasinya. Diantaranya Karang Taruna Lais (memproduksi kertas daur ulang dan limbah plastik), Koperasi Lele Keluarga, Desa Tabuan Asri (pilot project tanaman obat organik), dan Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan (budidaya padi SRI Organik).

“Prestasi ini merupakan salah satu wujud keberhasilan kami menjalankan misi perusahaan, yakni menjadi yang terdepan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan serta tanggung jawab sosial, sekaligus mengukuhkan tekad menjadi The Energy Company of Choice,” tutur Frila Berlini Yaman.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)