Dunia Energi Logo Senin, 20 November 2017

PLN Ditargetkan Serap 1,26 Juta KL Biodiesel Tahun Depan

JAKARTA – PT PLN (Persero) ditargetkan menyerap bahan bakar nabati jenis biodiesel sebesar 1,26 juta kiloliter (kl) pada 2016. PLN mulai Oktober 2015 sepakat mencampur bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang dioperasikannya dengan biodiesel.

Rida Mulyana, Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengatakan pengadaan campuran BBN akan dipasok PT Pertamina (Persero).

“PLN sudah sepakat, semua PLTDnya akan dicampur dengan biodiesel. Campurannya akan disuplai Pertamina. 266.873 kl targetnya sampai Desember, mulai 1 Oktober kemarin,” kata dia.

Rida mengatakan, PLN akan mendapat bantuan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, guna mengatasi harga bahan baku biodiesel yang dinilai masih terlalu tinggi.

“PLN kan juga termasuk yang harus dibantu oleh badan kelapa sawit, selisih antara harga biodiesel FAME dengan MOPS, akan dibiayai oleh badan kelapa sawit. Jadi, tidak hanya biodiesel yang PSO saja yang disubsidi, BBN untuk PLTD juga akan disubsidi,” tandas dia.(RA)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)