Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Pertamina Telah Mempunyai 50 Kapal Pengangkut BBM

kapal BBM

Satu di antara 50 kapal pengangkut BBM yang telah dimiliki Pertamina.

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) melakukan serah terima kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) Mauhau pada Kamis, 3 Januari 2013. Dengan begitu, total kapal pengangkut BBM yang dimiliki perusahaan energi milik negara ini mencapai 50 unit.

Mauhau merupakan kapal pengangkut BBM berkapasitas 3.500 Long Ton Deadweight (LTDW), yang diproduksi PT Daya Radar Utama. Kapal ini rencananya mulai dioperasikan pada akhir pekan awal Januari 2013.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengungkapkan, penambahan kapal ke-50 dari 185 kapal yang direncanakan ini, merupakan langkah terobosan yang diyakini dapat meningkatkan efisiensi biaya transportasi BBM. Efisiensi akan menunjuang daya saing dalam menghadapi bisnis hilir minyak dan gas bumi yang semakin terbuka.

“Investasi proyek pembangunan kapal baru di galangan kapal dalam negeri ini membuktikan Pertamina telah berkontribusi secara nyata dalam mengembangkan dan memajukan industri maritim nasional. Di tengah kelesuan industri dalam beberapa tahun terakhir, Pertamina tetap memberikan kepercayaan kepada galangan kapal nasional,” tegasnya.

Kontrak pembangunan kapal seharga US$ 11,8 juta atau sekitar Rp 112 miliar ini ditandatangani pada 26 Agustus 2010, dan telah melalui tahapan commissioning atau ujicoba laut pada awal Desember 2012 lalu. Pertamina menargetkan akan memiliki 61 kapal milik sendiri pada 2015 mendatang, dengan 29 diantaranya merupakan kapal dari produsen galangan nasional. Sejauh ini, 24 unit diantaranya telah beroperasi, dan lima unit lainnya masih dalam tahap konstruksi.

“Pertamina melalui rencana jangka panjang penguatan armada milik, telah berkomitmen untuk mengedepankan kerjasama dan bersinergi dengan mitra nasional sebagai pembangun kapal yang dibutuhkan perusahaan,” tandasnya.

Data Kapal Mauhau:

Galangan: PT Daya Radar Utama

Lokasi: Bandar Lampung

Place of delivery: PT Daya Radar Utama – Unit 2 Jakarta

Spesifikasi:

Leng Over All (LOA): 90,00 meter

Depth: 7,20 meter

Breadth: 15,20 meter

Draught: 5,00 meter

Construction: Double Bottom + IMO-PSCS ballast tank

Main Engine: YANMAR 6EY26/1620KW/750 RPM

Service Speed: 11,00 Knots

Cargo Tank Capacity: 4700 Cubic Meters (98%)

Total Pumping Rate: 3×300 Cubic Meters/hour

Total Crew: 25 orang

Classifications Society: Nippon Kaiji Kyokai (NK) Class

Bendera: Indonesia

 

(CR – 1 / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)