Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Pasok Listrik Untuk Batam, Medco Gunakan Turbin Gas GE Seri 6B 3

Turbin gas Seri 6B 3 General Electric.

JAKARTA – PT Medco Energi Indonesia Tbk semakin menguatkan posisinya sebagai pemasok energi terkemuka di Indonesia. Salah satunya lewat pemanfaatan dua turbin gas Seri 6B 3 yang diproduksi General Electric (GE) guna meningkatkan keandalan pasokan listrik untuk Pulau Batam.

Medco memasok listrik ke Batam lewat pembangkit listrik UBE yang dikelola anak perusahaannya,  PT Medco Power Indonesia. Penggunaan dua pembangkit turbin gas seri Frame 6B 3 GE itu, diyakini dapat mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi, serta menurunkan biaya pembangkitan listrik.

Presiden Direktur Medco Power Indonesia, Fazil E Alfitri memproyeksikan, dua turbin gas Seri 6B 3 GE ini dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 80 Megawatt (MW). “GE mengirimkan dua turbin gas ini pada akhir 2012, dan diharapkan mulai beroperasi komersial di awal 2014,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 5 Maret 2013.

Kelebihan lainnya, kata Fazil, lewat penggunaan turbin gas maka Medco memasok energi yang ramah lingkungan. Pembangkit listrik UBE diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pembangkit tenaga listrik milik Medco Power untuk Pulau Batam sebesar 20% dengan menambah kapasitas listrik sebesar 80 MW.

“Pembangkit listrik ini akan beroperasi dengan menggunakan gas yang disuplai dari Natuna Barat. Turbin Gas seri Frame 6B 3 ini, adalah salah satu turbin gas heavy-duty yang paling andal di dunia, dengan lebih dari 1.200 unit sudah terpasang, dan 60 juta jam operasional untuk berbagai aplikasi,” ujar Paul Browning, President dan CEO Thermal Products, GE Power & Water.

Menurut Paul, mesin ini telah terbukti kehandalannya dan dapat dioperasikan dengan biaya yang lebih efisien, dibandingkan dengan pembangkit listrik tua yang berbahan bakar minyak bumi.

“Fleksibilitas bahan bakar yang dapat digunakan dan kemampuannya untuk menerima transien listrik besar, dapat menghasilkan tenaga listrik berbiaya rendah untuk setiap horse power, dan menghasilkan tenaga listrik dengan horse power tinggi untuk setiap meter persegi,” tambah Paul.

Ia menerangkan, sejak 1984 GE telah memasang 33 unit turbin gas seri 6B 3 di Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik industri cogeneration, combined-cycle, atau operasi pada beban puncak.

Proyek terbaru ini, merupakan proyek kedua antara GE dan Medco Power. Sebelumnya, GE menyediakan turbin gas tipe TM2500 untuk sebuah proyek lainnya di Pulau Batam.

PT Medco Power Indonesia merupakan perusahaan nasional milik Medco Energi dan PT Saratoga Power, yang didirikan pada 2004 dan berkantor pusat di Jakarta. Sedangkan GE Power & Water merupakan anak usaha GE yang bergerak dibidang pemanfaatan energi baru terbarukan.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)