Dunia Energi Logo Kamis, 19 Oktober 2017

Olimpiade Sains Pertamina Dorong Inovasi Green Energy

Suasana Seleksi Awal Tingkat Provinsi Olimpiade Sains Nasional Pertamina, Selasa, 25 September 2012.

DEPOK – PT Pertamina (Persero) tahun ini kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Mahasiswa. Selain diikuti lebih banyak peserta, pelaksanaan OSN Pertamina 2012 juga diikhtiarkan untuk mendorong inovasi pengembangan Green Energy.

Babak penyisihan OSN Pertamina 2012 dilangsungkan serentak di 33 provinsi pada Selasa pagi, 25 September 2012, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Musliar Kasim di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat. Selain Rektor UI, Prof. Dr. Djoko Santoso, hadir pula dalam kesempatan itu Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir.

Tercatat sebanyak 19.238 mahasiswa mengikuti kompetisi tersebut, untuk memprebutkan total hadiah sebesar Rp 2,8 miliar. Jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan penyelenggaraan OSN Pertamina 2011 yang mencapai 16.748 mahasiswa.

Ali Mundakir mengatakan, babak penyisihan ini merupakan tahap pertama OSN Pertamina, yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi final tingkat provinsi dan seleksi nasional. Menurutnya, tahun ini pelaksanaan OSN Pertamina sedikit mengalami improvisasi, dimana para pemenang dari masing-masing provinsi nantinya diwajibkan membuat proyek sains.

“Dengan terobosan baru ini, kami berharap para mahasiswa pemenang olimpiade sains tidak akan hanya jago di atas kertas, namun juga didorong mampu menghasilkan inovasi teknologi energi baru dan terbarukan, serta teknologi hijau atau green energy,” kata Ali.

Ali menuturkan, sebagai perusahaan energi nasional, Pertamina memiliki concern yang tinggi untuk membantu civitas akademika nasional, melahirkan ahli-ahli sains yang kompeten di masa depan. Inovasi teknologi yang dihasilkan, diharapkan dapat dikembangkan dan diterapkan untuk pengembangan bisnis energi nasional, khususnya di Pertamina.

OSN Pertamina 2012 yang mengangkat tema “Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi” merupakan penyelenggaraan tahun kelima, yang diprakarasai Pertamina dan bekerjasama dengan UI, serta mendapat dukungan penuh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Penyelenggaraan OSN Pertamina 2012 terdiri atas tiga tahap. Yakni Pendaftaran Peserta, Seleksi Tingkat Provinsi, Final Tingkat Provinsi, dan Seleksi Tingkat Nasional. Seleksi tingkat provinsi atau babak penyisihan dilakukan serentak di 33 Provinsi pada > 25 September 2012, dilanjutkan Final Tingkat Provinsi pada 8 Oktober 2012, dan Seleksi Tingkat Nasional pada 26-30 November 2012.

Pendaftaran kompetisi ini dilakukan secara on-line melalui website www.osnpertamina.com, dan telah berlangsung pada 23 Juli hingga 15 September 2012. OSN Pertamina 2012 terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 yang minimal duduk di semester tiga, serta bukan pemenang OSN Pertamina tahun sebelumnya, atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains internasional.

Pada penyelenggaran OSN Pertamina 2012, panitia melakukan serangkaian pengembangan dalam kategori lomba, yaitu Kategori Theory dan Science Project. Pada Kategori Theory meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Sedang untuk kategori Science Project dirancang untuk menjaring pemenang secara kelompok yang memiliki karya inovasi dan Applied Science di bidang energi. Pengembangan karya inovasi ini wajib disampaikan dalam karya Prototype dan dipresentasikan di depan Dewan Juri.

Ali Mundakir menambahkan, OSN Pertamina 2012 merupakan program CSR Bidang Pendidikan Pertamina, sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Penyelenggaraan OSN Pertamina 2012 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesiayang andal di bidang sains.  (Abdul Hamid/duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)