Dunia Energi Logo Minggu, 18 November 2018

Oktober 2018, Pertamina Evaluasi Penjualan LPG 3 Kg Nonsubsidi

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) tidak akan menunggu lama untuk mengevaluasi pemasaran LPG 3 kg nonsubsidi. Tidak seperti pendahulunya, LPG 5,5 kg dan 12 kg, LPG 3 kg akan dievaluasi dalam waktu kurang dari satu tahun ini.

LPG 3 kg nonsubsidi mulai dipasarkan di Jakarta dan Surabaya.

Syahrial Mukhtar, Sekeretaris Perusahaan Pertamina, mengungkapkan pemasaran LPG 3 kg nonsubsidi masih terbatas di dua kota, yakni Jakarta dan Surabaya masing-masing dialokasikan 3.000 dan 2.000 tabung.

“Butuh waktu, mungkin tidak sampai satu tahun, sekitar tiga bulan lagi bisa dilihat animo masyarakat. Apa ada hal-hal yang perlu diperkuat,” kata Syahrial saat ditemui di Gedung DPR, Senin sore (9/7).

Dia menambahkan kehadiran LPG 3 kg nonsubsidi merupakan inisiatif Pertamina yang telah melakukan kajian terhadap pola konsumsi masyarakat. Hasil kajian menunjukkan kecenderungan penggunaan LPG 3 kg karena sejumlah faktor, mulai dari sisi fleksibilitas dan kemudahan mobilisasi kemasan.

“Ide Pertamina untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sama seperti saat kami keluarkan Bright 5,5 kg. Ada pilihan selain 12 kg yang terlalu berat. 5.5 kg agak ringan. Kami lihat di pasar,  ada kebutuhan lebih hingga dikeluarkan Bright 3 kg yang pink,” ungkap Syahrial.

Meskipun belum dipatok adanya peralihan konsumsi dari LPG 3 kg subsidi ke nonsubsidi, Pertamina meyakini bahwa LPG 3 kg nonsubsidi masih memiliki peluang besar menjadi pilihan utama masyarakat.

“Belum pasang target. Setelah uji coba baru kalkulasi dampak shifting. Kami kan juga berharap shifting dari yang harusnya enggak terima LPG 3 kg subsidi ke 3 kg nonsubsidi,” kata Syahrial.

Selama masa uji pasar secara terbuka, isi ulang Bright Gas 3 kg akan dijual seharga Rp 39.000 per tabung di Agen LPG nonsubsidi belum termasuk ongkos kirim, dan Rp 42.000 per tabung di SPBU COCO. Untuk tabung perdana (tabung plus isi) Bright Gas 3 kg akan dijual di agen LPG seharga Rp 184.000 per tabung dan di SPBU COCO seharga Rp 187.000 per tabung.

Baca juga  Hingga Akhir 2017, Pertamina Siapkan 50 SPBU UKM

Pertamina juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan tukar tambah. Konsumen cukup menukarkan satu tabung LPG 3 kg dan membayar Rp 81.500,- di agen LPG nonsubsidi maka konsumen dapat membawa pulang satu tabung Bright Gas 3 kg yang siap digunakan, sedangkan untuk di SPBU cukup menambah Rp. 84.500.(RI)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.