Dunia Energi Logo Minggu, 17 Desember 2017

Jaminan Pasokan Listrik Dorong Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA – Jaminan pasokan listrik di Jawa Bali dinilai akan menghasilkan multiplier effects di sisi ekonomi secara berlipat. Tumiran, Ahli Ketenagalistrikan dan Team Leader Kajian Kelistrikan Pusat Studio Energi UGM, menekankan faktor yang mendukung jaminan pasokan listrik perlu terus didorong agar memberikan benefit maksimum.

“Pembangunan infrastruktur kelistrikan yang handal akan menghasilkan keamanan pasokan listrik bagi sektor usaha kecil menengah (UKM), industri, pendidikan, kesehatan,” kata Tumiran.

Menurut Tumiran, ketersediaan sumber daya energi atau listrik secara khusus akan mempengaruhi pembangunan, dimana pertumbuhan ekonomi akan sangat bergantung pada ketersediaan listrik. Pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan, menurut Tumiran, akan mendorong peningkatan pendapatan per kapita daerah, khususnya Jawa Barat, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat dengan terealisasinya infrastruktur di daerah-daerah terpencil, peningkatan fasilitas layanan masyarakat dan terbukanya lapangan pekerjaan dimana mengakibatkan peningkatan perekonomian di kalangan masyarakat yang signifikan.

“Efek multiplier ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah pada umumnya,” tandas Tumiran.(RA)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)