Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Indonesia Power Bangun Pembangkit Biomassa di Jakarta Utara

JAKARTA– PT Indonesia Power, anak perusahaan PT PLN (Persero), berencana membangun pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) di Jakarta Utara. Herdiyanto Soekono, General Manager Indonesia Power, mengatakan perusahaan sudah melakukan uji kelayakan dan sedang mencari lokasi yang sesuai untuk membangun PLTBm.

Feasibility study sudah dilakukan untuk pembangkit listrik biomassa. Tim kami masih mencari target lokasi apakah di Bantar Gebang. Sudah ngobrol dengan Pemda Jakarta Utara, juga sedang memikirkan lokasi di Marunda,” kata Herdiyanto usai peluncuran Kampung Sehat di Warakas, Jakarta Utara, Kamis (20/4) seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan Indonesia Power tahun ini berencana membangun PLTBm berkapasitas 2×10 megawatt (MW) sampai 2×15 MW.
Meski tidak terlalu besar, Herdiyanto yakin PLTBm dengan kapasitas sebesar itu akan bisa menyerap sampah dalam jumlah signifikan.

“Kami merencanakan 2×10 MW sampai 2×15 MW. Kapasitasnya belum pasti, tapi dengan kapasitas seperti itu sudah jauh lebih dari cukup menyerap sampah signifikan. Daerah sini saja menghasilkan 1.300 truk sampah per hari untuk dikirim ke Bantar Gebang,” ungkapnya.

Menurut Herdiyanto, perusahaan tidak ingin mematok target awal pembangunan karena masih harus melakukan pembicaraan dengan pemerintah provinsi mengenai program terpadu yang bisa dijalankan oleh masyarakat dan pemerintah itu. (DR)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)