Dunia Energi Logo Jumat, 24 Februari 2017

Harga Minyak Bergerak Menuju Level US$60 per Barel

JAKARTA – Implementasi kesepakatan pemangkasan produksi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) terus mendorong kenaikan harga minyak dunia.

Patokan Amerika Serikat, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari naik US$0,76 menjadi US$53,01 per barel di New York Mercantile Exchange pada penutupan Kamis (Jumat pagi WIB). Demikian pula dengan harga minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret, bertambah US$0,91 menjadi ditutup pada level US$56,01 per barel di London ICE Futures Exchange.

OPEC mencapai kesepakatan pada November 2016 untuk memangkas produksi minyak guna mengekang kelebihan pasokan global yang telah menekan harga selama lebih dari dua tahun. Beberapa negara telah mengambil tindakan untuk melaksanakan kesepakatan tersebut.

Khalid al-Falih, Menteri Energi Arab Saudi, Kamis, mengatakan Arab Saudi telah memotong pasokan minyak ke level terendah dalam hampir dua tahun. Kuwait juga melaporkan telah memangkas produksi minyaknya lebih dari yang dijanjikan dalam kesepakatan.(AT/ANT)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)