Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

Freeport Sponsori Mutiara Hitam Untuk Dua Musim Kompetisi Sekaligus

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Rozik B Soetjipto (berkemeja merah) dan Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano (keempat dari kiri) saat menandatangani MoU dukungan Freeport untuk Persipura, disaksikan Staf Khusus Presiden Urusan Daerah Tertinggal dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai (kedua dari kanan).

JAKARTA – PT Freeport Indonesia memutuskan melanjutkan dukungannya untuk kesebelasan Persipura Jayapura. Tambang emas dan tembaga ini bahkan bertekad mensponsori tim sepak bola berjuluk “Mutiara Hitam” itu untuk dua musim kompetisi sekaligus.

Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kelanjutan dukungan Freeport terhadap Persipura itu, ditandatangani di Jakarta, Rabu, 15 Januari 2013. Disebutkan bahwa Freeport akan berpartisipasi sebagai sponsor Persipura untuk dua musim kompetisi sekaligus, yaitu musim kompetisi 2013 dan 2014.

Penandatanganan MoU dilakukan Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto dan Ketua Umum Persipura, Drs. Benhur Tomi Mano, MM, disaksikan Staf Khusus Presiden RI untuk urusan Daerah Tertinggal dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai.

Rozik mengungkapkan, inisiatif ini merupakan wujud komitmen Freeport dalam turut memajukan prestasi olahraga di Provinsi Papua, khususnya sepak bola yang merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di Bumi Cendrawasih. Banyak pemain sepak bola terbaik di Indonesia berasal dari sana.

“Dukungan PTFI terhadap Persipura adalah bentuk komitmen perusahaan untuk bersama mengembangkan talenta-talenta berbakat di Papua, khususnya dalam bidang olahraga sepakbola. Persipura adalah klub sepak bola yang telah mencetak berbagai prestasi, kebanggaan masyarakat Papua dan juga bangsa Indonesia,” ujarnya.

Rozik menjelaskan, sponsorship yang diberikan Freeport kepada Persipura, diprioritaskan untuk pembinaan para pemain, fasilitasi bagi pemain dan pengurus untuk bisa mengikuti pertandingan yang telah dijadwalkan, serta penyediaan bonus bagi para pemain berprestasi.

Sebagai bagian dari MoU Partisipasi Sponsor Freeport Indonesia, Persipura sepakat untuk ikut mendukung program Tanggung Jawab Sosial perusahaan emas dan temabaga itu secara berkala, dalam rangka kepedulian terhadap kesehatan, pendidikan, lingkungan dan pengembangan masyarakat.

MoU ini juga mencakup dukungan untuk memfasilitasi para pemain Persipura untuk bisa berbagi pengalaman dan keahlian bermain sepak bola kepada para pelajar dalam bentuk “coaching clinic” yang akan diselenggarakan di Jayapura, Timika dan Jakarta. Dengan “coaching clinic” diharapkan akan muncul generasi baru yang aandal di persepakbolaan Papua dan nasional.

“Dengan dukungan ini, diharapkan Persipura dapat meningkatkan prestasinya dan bisa terus menjadi kebanggaan masyarakat Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kepada para pemain kami ucapkan selamat bertanding dan semoga dapat terus menciptakan prestasi yang lebih baik,“ tandas Rozik.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)