LHOKSEUMAWE РPT Perta Arun Gas (PAG) memastikan pasokan gas kembali normal setelah tuntasnya perbaikan di Plant Site di Lhokseumawe, Aceh. Dengan selesainya perbaikan tersebut  suplai gas ke PLN Belawan (Pembagkit Listrik Tenaga Gas/PLTG) dan PLN Pembagkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun kini sudah normal kembali seperti semula.

Iskandarsyah, Manager Corporate Corprate Communication & CSR PAG, menyatakan upaya pemulihan sebenarnya langsung dilakukan sesaat setelah terjadinya kendala yang menyebabkan terganggunya distribusi gas sehingga perbaikan bisa dikejar dan telah selesai dilakukan pada Rabu (20/1) dini hari.

“Seterusnya, sistem dapat beroperasi dan bertahap penyaluran gas kembali normal,” ujar Iskandarsyah, Rabu (20/1).

Iskandarsyah menyatakan perbaikan dapat dilakukan tidak lepas dari dukungan dan sinergi yang dilakukan dengan tim PLN PLTMG Arun-1.

“Saat ini plant PAG telah kembali mengalirkan gas ke ruas pipa gas Arun-Belawan,” ujarnya.

Menurut Iskandarsyah, pengaliran kembali gas adalah bagian dari komitmen PAG untuk memastikan kelancaran suplai gas ke PLN. “Dengan demikian pasokan listrik kepada masyarakat di Wilayah Aceh dan Sumut tetap berjalan dengan normal,” tegas dia.

Sebelumnya PLN Aceh menginformasikan adanya gangguan listrik pada Selasa (19/1), akibat adanya gangguan pasokan gas untuk PLTMG Arun dan PLTG Belawan sehingga terpaksa melakukan pemadaman bergilir di beberapa wilayah Aceh. Terganggunya pasokan gas tersebut sempat mengakibatkan pengurangan daya sekitar 90 Megawatt (MW) untuk malam hari jika kondisi suplai gas dari Arun tidak normal. (RI)