JAKARTA – LEMIGAS telah melakukan Kick Off Uji Jalan Bahan Bakar Gasoline Menggunakan Octane Booster pada akhir bulan Februari lalu. Uji jalan ini bekerja sama dengan Research & Technology Innovation PT. Pertamina (Persero) serta PT. Kilang Pertamina Internasional.

Ariana Soemanto Kepala LEMIGAS mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan kepada LEMIGAS untuk bekerjasama dalam kegiatan-kegiatan pengujian yang dilakukan sebelumnya dan saat ini dan mudah-mudahan terus berlanjut di waktu mendatang.

‚ÄúSemoga kegiatan Uji Jalan Bahan Bakar Gasoline + Octane Booster ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tata waktu yang telah kita rencanakan bersama,” kata Ariana dalam keterangannya (7/3).

Kegiatan Uji Jalan Bahan Bakar Gasoline menggunakan aditif Octane Booster dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi impor Gasoline dengan menggunakan aditif Octane Booster produksi dalam negeri.

Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aditif Octane Booster pada Gasoline RON 92 terhadap kinerja mesin bensin kendaraan bermotor, komponen mesin, pelumasnya dan emisi yang dihasilkan melalui uji jalan sampai dengan 50.000 km.

“Sekaligus mendapatkan rekomendasi terkait penggunaan Octane Booster dan memastikan komponen pembentuknya sesuai dengan aturan SK Dirjen Migas,” ujar Ariana. (RI)