Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

Pengadilan Menangkan BASF Atas Hak Paten Teknologi Rheomax® ETD

MELBOURNE – Pengadilan Tinggi Australia di Melbourne akhirnya memenangkan gugatan BASF atas hak paten teknologi manajemen pengelolaan limbah tambang “Rheomax® ETD”. Putusan pengadilan menyebutkan SNF telah melanggar hak paten BASF atas teknologi tersebut.  

Seperti dikutip dari keterangan tertulis BASF yang diterima Dunia Energi pada Kamis, 18 April 2013, Pengadilan Tinggi Australia telah memutuskan bahwa hak cipta BASF untuk Rheomax® ETD sah dan telah dilanggar oleh SNF. Keputusan ini melindungi investasi atas penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

Head of BASF’s Global Water, Oilfield and Mining Solutions Businesses, Steffen Kudis mengatakan, BASF menyambut keputusan Pengadilan Tinggi Australia yang memutuskan bahwa SNF telah menyalahgunakan hak paten BASF untuk Rheomax® ETD, dan mengakui bahwa hak paten tersebut sah. Keputusan ini menandai akhir dari proses di Australia yang telah berjalan sejak 2008.

“BASF berkomitmen untuk memberikan inovasi, teknologi yang efektif, dan solusi untuk para pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut, BASF harus dapat melindungi investasi tahunan dari penelitian dan pengembangan serta hak kekayaan intelektual,” ujar Steffen Kudis.

Teknologi Rheomax® ETD merupakan bagian dari solusi inovatif BASF untuk Tailing Management (pengelolaan limbah tambang). ETD (Enhanced Tailings Disposal) adalah metode pengelolaan tailing dimana teknologi tersebut digunakan untuk mengubah dan mengontrol struktur dan pembuangan material dari sisa proses pertambangan.

BASF Global Mining Solutions merupakan perusahaan yang menawarkan rangkaian bahan kimia untuk pengolahan mineral yang luas. Kekuatan dari bisnis global ini ada pada pemisahan solid/cair serta ekstraksi pelarut. Perusahaan ini juga menawarkan bahan kimia untuk pengapungan, penyebaran, penggumpalan dan lain-lain, dengan produk-produk yang dipasarkan di seluruh dunia.

BASF sendiri merupakan perusahaan kimia terkemuka di dunia. Portofolionya terdiri dari bahan kimia, plastik, performance products, dan produk perlindungan tanaman sampai dengan minyak dan gas. Perusahaan ini menggabungkan kesuksesan ekonomi dengan perlindungan terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial.

BASF mencatat penjualan sebesar 78.7 Miliar Euro pada tahun 2012 dan memiliki sekitar 113,000 orang karyawan pada akhir tahun tersebut. Saham BASF terdaftar dalam bursa saham di Frankfrut (BAS), London (BFA), dan Zurich (AN).

(Abraham Lagaligo/abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)