Dunia Energi Logo Jumat, 17 November 2017

Medco Jual MSK ke Puma Energy

Medco dan Puma

CEO Puma Energy, Pierre Eladri (ketiga dari kiri) usai penandatanganan perjanjian pembelian 63,88% saham PT Medco Sarana Kalibaru (MSK) dan Medco Energi.

JAKARTA – Sebuah perusahaan asal Amerika Tengah, Puma Energy LLC pada Jumat, 12 Oktober 2012 mengumumkan telah membeli mayoritas saham PT Medco Sarana Kalibaru (MSK) dan mengubah nama perusahaan itu menjadi PT Puma Medco Petroleum.

MSK sebelumnya merupakan anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk, yang bergerak di bidang penjualan bahan bakar minyak (BBM) terutama solar jenis High Speed Diesel (HSD). CEO Puma Energy, Pierre Eladri menyebutkan, jumlah saham MSK yang dibelinya dari Medco mencapai 63,88%.

Penandatanganan perjanjian jual beli saham MSK itu, telah berlangsung pada Kamis, 11 Oktober 2012. Selanjutnya, Puma Energy dan Medco tinggal menantikan pengesahan dari Pemerintah Indonesia, agar perjanjian akuisisi itu dinyatakan efektif.

Saat ini, MSK yang akan berubah nama menjadi Puma Medco Petroleum, memiliki aset berupa fasilitas penyimpanan di pelabuhan internasional Tanjung Priok, Jakarta Utara berkapasitas 22.700 meter kubik. Juga sebuah dermaga dan tempat pengisian truk, serta kemampuan distribusi di Kalimantan dan Sumatera untuk konsumsi industri pertambangan.

“Perjanjian jual beli ini ditargetkan mencapai finalisasi awal Desember 2012, dan kami akan melanjutkan kinerja perusahaan bersama ini untuk menyalurkan BBM berkualitas tinggi termasuk HSD, bagi pelanggan di seluruh Indonesia,” kata Eladri.

Presiden Direktur & CEO Medco, Lukman Machfoedz mengatakan, transaksi antara Medco dan Puma Energy, lebih merupakan kemitraan strategis. “Hasil penjualan saham MSK juga akan kami investasikan kembali ke Puma Medco Petroleum,” tandasnya.

Akuisisi saham MSK sendiri, diakui Eladri merupakan investasi pertama Puma Energy di Indonesia. Setelah MSK efektif berubah nama menjadi Puma Medco Petroleum, perusahaan itu akan menambah 60 karyawan baru. “Ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan Puma Energy di Asia,” tukasnya.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)