Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Konsumsi Pertamax Naik 16%

JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax naik sekitar 16% pada periode Juni 2012 dibandingkan Mei 2012, sebagai dampak kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi jenis Premium bagi kendaraan dinas pemerintah, BUMN, dan BUMD sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 12 Tahun 2012.

“Konsumsi Pertamax kami perkirakan akan terus meningkat seiring dengan penerapan kebijakan tersebut, apalagi melihat tren harga minyak yang stabil dan cenderung turun,” ungkap Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan di Jakarta, Selasa, 31 Juli 2012. Kebijakan pembatasan Premium bagi kendaraan dinas pemerintah, BUMN, dan BUMD ini juga akan diberlakukan di Jawa – Bali mulai 1 Agustus 2012.

Karena penerapan kebijakan pembatasan ini momentumnya bersamaan dengan mudik Lebaran, Karen mengaku Pertamina telah mengantisipasi lonjakan konsumsi Pertamax, dengan kesiapan sarana dan fasilitas serta layanan tambahan. Pertamina juga akan melakukan pengalihan fungsi sementara pada sebagian tangki pendam dan mobil tangki Solar, ke Premium atau Pertamax selama masa Lebaran. “Stok Pertamax dan Pertamax Plus sangat aman, rata-rata berada di level 67 hari,” jelasnya.

Selain mengamankan pasokan BBM, lanjutnya, Pertamina juga akan melakukan pengamanan pasokan LPG untuk kebutuhan masyarakat selama Lebaran. Diperkirakan, konsumsi LPG masyarakat selama H-30 hingga H+30 Lebaran tahun ini meningkat sekitar 4% di atas rata-rata permintaan normal harian.

Ia juga menerangkan, terkait aktivitas mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina akan beroperasi penuh 24 jam mulai H-15 hingga H+15 di sepanjang jalur Pantura, Selatan, arah Merak dan Lampung. Pertamina telah menyiapkan kantong-kantong Premium di 53 titik SPBU, dan melakukan pengaturan pembedaan jalur pelayanan antara sepeda motor dan mobil, serta menyediakan SPBU transit khusus sepeda motor di 141 titik SPBU.

“Untuk memastikan kesiapan operasi 24 jam tersebut, dini hari tadi Direksi Pertamina telah melakukan pengecekan langsung sambil melaksanakan sahur bersama petugas SPBU di Jalan MT. Haryono, Depo Pengisian LPG Tanjung Priok dan Depot BBM Plumpang,” tambah Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, Selasa, 31 Juli 2012.

Ali juga mengungkapkan, untuk kenyamanan konsumen dan pemudik yang lebih baik setiap tahunnya, Pertamina memberikan pelayanan lebih bagi konsumen Pertamax selama bulan Ramadhan. Layanan tambahan di SPBU meliputi takjil (buka puasa) gratis di 50 SPBU CoCo di Jabodetabek dan Bandung, CD Berkah Ramadhan gratis, sarana ibadah di sepanjang jalur mudik, dan layanan Pertamax Day.

Layanan Pertamax Day menyediakan 1 poin reward kepada konsumen, untuk setiap pembelian Pertamax senilai Rp10.000. Jika telah mendapatkan 20 poin reward, konsumen Pertamax dapat menukarkannya dengan paket tertentu di gerai McDonald pada Sabtu-Minggu, selama Ramadhan dan Mudik Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah. Bagi yang telah mengumpulkan 80 poin, dapat menikmati fasilitas airport lounge Pertamax di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Juanda, Surabaya, dan Polonia, Medan.

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)