Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Baramulti Pasang Target Pendapatan Tetap Naik Tahun Ini

JAKARTA – PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR), emiten batu bara, menargetkan pendapatan tahun ini tetao meningkat dibanding realisasi 2015 sebesar US$259 juta. Pada tahun lalu, pendapatan perseroan naik 19% dibanding 2014 sebesar US$217,1 juta.

Henry Angkasa, Presiden Direktur Baramulti, mengatakan banyak kalangan memprediksi tahun ini industi batu bara masih tetap menghadapi masa fluktuatif dan tidak menentu. Disisi lain, meski terdapat kesadaran global untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, perkembangan sumber energi terbarukan tidak menunjukkan indikasi bahwa ketergantungan pada bahan bakar fosil, termasuk batu bara akan menurun signifikan dalam waktu dekat.

“Batu bara tetap menjadi sumber energi vital selama beberapa tahun ke depan. Hal ini menjadi momentum penting bagi perseroan untuk terus meningkatkan pertumbuhan usaha dan meraih pendapatan yang lebih optimal pada masa mendatang,” kata Henry.

Baramulti, lanjut dia, akan melakukan upaya perbaikan dan meningkatkan efisiensi yang berkelanjutan serta menerapkan strategi penjualan yang efektif. Perseroan juga akan memanfaatkan harga spot batu bara untuk memastikan profitabilitas serta perluasan pangsa pasar guna memperoleh pelanggan baru.

“Kami mencanangkan peningkatan target pendapatan pada 2016 dengan tetap mengacu kepada angka yang realistis,” kata Henry dalam laporan keuangan tahunan perseroan.

Seiring dengan kenaikan pendapatan, Baramulti juga mencatat kenaikan laba bersih signifikan hingga 938% menjadi US$26,38 juta pada tahun lalu dibanding pencapaian 2014 yang hanya US$2,54 juta.

Baramulti mencatat produksi batu bara 7,75 juta ton pada tahun lalu, naik 60% dibanding 2014 sebesar 4,85 juta ton. Sementara itu, volume penjualan batu bara mencapai 7,52 juta ton, naik 42% dibanding 2014 sebesar 5,3 juta ton.

Menurut Henry, pada tahun lalu perseroan mulai mengalihkan target pemasaran dan fokus ke pasar India guna mengimbangi penurunan permintaan Tiongkok. Penjualan batu bara perseroan ke India pada 2015 tercatat 87% dari total volume penjualan.(AT)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)