Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Antam – Newcrest Selesaikan Transaksi Tambang Gosowong

Tambang Gosowong

Penambangan emas di tambang bawah tanah Gosowong, Halmahera, Maluku Utara.

JAKARTA – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada Jumat, 21 Desember 2012, mengumumkan telah menyelesaikan transaksi dengan Newcrest Mining Limited, untuk pembelian 7,5% saham PT Nusa Halmahera Mining (NHM)  yang mengelola Tambang Emas Gosowong.

Newcrest dan Antam juga secara bersama-sama memastikan, dengan diperolehnya persetujuan yang diperlukan dari pihak regulator, kedua belah pihak telah menyelesaikan transaksi. Dimana Antam telah melakukan pengambilalihan atas tambahan 7,5% saham milik Newcrest pada tambang Gosowong.

Sebelumnya, pada 30 November 2012, Antam dan Newcrest telah mengumumkan adanya kesepakatan, penambahan 7,5% saham Antam di PT NHM. Lewat akuisisi oleh Antam itu, Newcrest akan mendapatkan pembayaran sebesar USD 160 juta.

Pembayaran Antam kepada Newcrest itu sendiri dilakukan dua tahap. Pertama sebesar USD 130 juta dibayarkan tunai saat penyelesaian transaksi. Kedua sebesar USD 30 juta, dibayarkan setelah ada tambahan cadangan emas di Tambang Gosowong sebesar 1 juta ons, yang akan ditentukan pada Desember 2017.

Meski telah bersepakat sejak 30 November 2012, namun untuk menyelesaikan transaksi itu, Antam dan Newcrest membutuhkan persetujuan regulator, dalam hal ini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Belum lama ini persetujuan itu telah didapatkan, sehingga Antam dan Newcrest dapat menyelesaikan transaksi itu pada Jumat, 21 Desember 2012. Dengan tuntasnya transaksi ini, maka kepemilikan Antam di PT NHM menjadi 25% dan Newcrest 75%.

Direktur Utama Antam, Alwinsyah Lubis mengungkapkan, kemitraan antara Antam dan Newcrest telah berlangsung sejak 18 tahun lalu. Tambang Emas Gosowong adalah tambang dengan potensi yang bagus, dan sangat strategis bagi pengembangan portfolio Antam. “Antam akan terus menambah kepemilikan pada Tambang Emas Gosowong,” tutur Alwin di Jakarta, 30 November 2012 lalu.

Sementara Executive General Manager Newcrest Indonesia dan Papua Nugini, Brett Fletcher mengakui, pelepasan 7,5% saham PT NHM ke Antam, merupakan upaya untuk mengembalikan investasi yang telah ditanamkan Newcrest pada Tambang Emas Gosowong. “Selain itu, kami juga ingin mempererat kemitraan dengan Antam,” pungkasnya.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)