Dunia Energi Logo Jumat, 24 November 2017

Komersialisasi Gas Masela Tunggu Revisi PoD

JAKARTA – Perencanaan komersialisasi gas dari Blok Masela masih menunggu hingga revisi rencana pengembangan (plan of development/PoD) dan front end engineering and desain (FEED) diajukan INPEX Corporation dan Shell dan disetujui pemerintah.

sampai revisi POD dan FED disetujui.Hal itu diungkapkan Menteri ESDM, Sudirman Said saat menanggapi tujuan penjualan gas masela yang disampaikan Komisi VII DPR di Jakarta (12/4).

“Sampai saat ini memang belum dalam proses komersialisasi gas atau mau dikemanakan gasnya karena proses revisi PoD masih berlangsung,” kata Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Selasa (12/4).

Revisi PoD dilakukan menyusul keputusan Presiden Joko Widodo yang memilih skema onshore, yakni dengan membangun kilang LNG di darat. Sementara itu, Inpex dan Shell, sebagai pengelola Masela mengajukan PoD dengan skema offshore, dengan membangun kilang terapung di tengah laut (FLNG),

Amien Sunaryadi, Kepala Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), mengatakan perencanaan penjualan gas nantinya akan disusun setelah FEED telah disepakati antara investor dan pemerintah. “Nanti kalau FEED sudah ada baru ada langkah untuk mencari pembeli gas-nya,” tandas Amin.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)