JAKARTA-PT Putra Perkasa Abadi (PPA), salah satu kontraktor tambang terkemuka di Tanah Air, menunjukkan pengelolaan perusahaan yang sangat terbuka (good corporate governance) dengan kinerja operasi produksi dan finansial positif sepanjang 2022.

Tahun ini, PPA menargetkan produksi pengupasan lapisan tanahoverburden removal (OR) sebesar 263 juta BCM. Perusahaan akan meningkatkan produksi pada 2023 sebanyak 150 juta-200 juta BCM.

Christianto Setyo, Direktur Utama PT Putra Perkasa Abadi (PPA), mengatakan tambahan produksi tersebut berasal dari proyek eksisting dan beberapa proyek baru yang dijalakankan perusahaan. Selain dari tambang batubara, PPA juga mendapatkan proyek baru untuk kegiatan pertambangan nikel. “Sehingga kami menargetkan tambahan produksi OR hingga 200 juta BCM,” ujarnya di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Atas capaian kinerja positif aktivitias operasi produksi dan performa perusahaan dari aspek Kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan (HSSE) serta tanggungjawab sosial dan lingkungan PPA sepanjang 2022, Energy and Mining Editor Society (E2S), komunitas para editor dan wartawan senior di sektor ESDM, memberikan penghargaan untuk dua kategori, yaitu Best CEO Mining Services Company dan Best Public Relation Manager Mining Services Company kategori Perusahaan Jasa tambang. E2S Awards 2022 diberikan kepada para penerima dari berbagai sektor di bidang energi dan sumber daya mineral di Bimasena-The Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Predikat Best CEO diberikan kepada Christianto yang dinilai menerapkan strategi bisnis yang “out of the box” sehingga saat ini PPA menempati posisi ketiga perusahaan jasa tambang nasional. Adapun predikat Best Public Relation Manager ditabalkan kepada Manager Corporate Communication PPA Adri Thanada.

E2S Awards 2022 merupakan ajang penghargaan yang diberikan forum editor dan wartawan sektor energi kepada para pelaku usaha dan profesional pertambangan dan energi yang dianggap memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan serta bertanggung jawab dalam berbagai aspek kerja termasuk HSSE.

“Seleksi dan penilaian dalam penjurian dilakukan lewat sejumlah indikator, antara lain melalui pemantauan pemberitaan perusahaan selama satu tahun, verifikasi pakar, konfirmasi kepada stakeholder perusahaan, assessment media dan penilaian langsung saat media visit,” ujar Lili Hermawan, Ketua Juri E2S Awards 2022.

PPA merupakan tiga besar perusahaan kontraktor jasa tambang di Indonesia. Selain itu, sejumlah penghargaan juga telah diraih PPA, mulai dari penghargaan Good Mining Practices dari Kementerian ESDM, hingga Indonesia Fire & Rescue Challenge.

Dudi Rahman, Chairman E2S, mengatakan dalam pengelolaan bisnis PPA berbeda dengan perusahaan jasa tambang lainnnya yang rigid. Manajemen PPA dinilai sangat fleksibel dalam menjalankan proses bisnis sehingga menarik minat pemilik tambang untuk bekerja sama dengan perusahaan.

“Kami mendapatkan informasi bahwa PPA jarang mengikuti tender. Mereka justru lebih banyak diberi tawaran (offering) oleh pemilik tambang untuk bekerja sama. Itu artinya, ada sisi positif yang dimiliki perusahaan sehingga pemilik tambang mau bekerja sama dengan PPA,” jelas Dudi.

Penganugerahan E2S Award 2022 merupakan gelaran yang kedua, setelah pada 2021 digelar secara virtual. tahun ini, E2S Award dianugerahkan kepada perusahaan-perusahaan di Sektor Migas, Mineral dan Batu Bara, Ketenagalistrikan, EBTKE serta Jasa Tambang dan Migas.

Sebelum acara penganugerahan E2S Award, E2S juga menggelar Outlook Sektor ESDM 2023 yang mengusung tema CEO’s New Vision: Business Reforms to Shape The Energy Transition.

Outlook Sektor ESDM 2022 menghadirkan Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero) Adi Lumakso; Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi Subholding Upstream Muharram Jaya Panguriseng; Presiden Direktur Amman Mineral Nusa Tenggara Rachmat Makkasau; dan Wakil Presiden Pengembangan Hilirisasi PT Bukit Asam Tbk Setiadi Wicaksono sebagai panelis. (RA)