JAKARTA – PT Pertamina (Persero) tengah bersiap menyelenggarakan pameran akbar Pertamina SMEXPO 2022 pada November. Pertamina SMEXPO 2022 akan tampil lebih fresh, user friendly dan memungkinkan usaha kecil menengah (UMK) mitra binaan melakukan transaksi lebih mudah.

Menjelang acara SMEXPO 2022, Pertamina menyelenggarakan Booth Exhibition Pertamina SMEXPO di Grha Pertamina setiap bulan sekali selama satu minggu di akhir bulan dan berkaitan Payday Promo. Selain eksibisi, terdapat loka pasar (marketplace) yang dibuka sepanjang tahun di laman smexpo.pertamina.com/marketplace yang dimanfaatkan UMK untuk memasarkan produk unggulannya.

Manager SMEPP Pertamina Rudi Ariffianto mengatakan Pertamina SMEXPO merupakan program flagship Pertamina untuk bisa membina UMK agar naik kelas. “Kami membuka akses pasar seluas-luasnya . Oleh karena itu ada dua kegiatan SMEXPO ini. Satu exhibition, yang kedua adalah marketplace,” ujarnya di Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Pada ekhisbisi tersebut biasanya dirangkaikan dengan berbagai acara seperti SMEXPO Activation Booth, catwalk challenge, UMKM Workshop dan parade diskon. Pertamina mempublikasikan eksebisi ini lewat berbagai kanal media sosial seperti IG @gen_UMKM atau YouTube Gen UMKM. Rudi mengatakan menjadi bagian Pertamina untuk membentuk public awareness tentang kegiatan SMEXPO dengan meletakkan outlet-outlet SMEXPO di tempat keramaian.

“Kantor kami (Pertamina) cukup representatif. Tersedia banyak sekali potential buyers untuk perwira-pertiwi dan juga publik secara umum. Kami mengajak semuanya untuk bisa bergabung di dalam kegiatan Pertamina SMEXPO tahun ini yang insya Allah akan berlangsung di November nanti. Pertamina SMEXPO Asli Indonesia-Asli Kerennya, ” jelas Rudi.

Pada SMEXPO sebelumnya, total nilai transaksi mencapai lebih dari Rp9 miliar. Pada tahun ini, Pertamina menargetkan menjaring sekitar 3 ribu produk pilihan dari sekitar seribu mitra binaan dalam SMEXPO Pertamina sehingga mampu menjangkau pasar lebih luas hingga keluar negeri.

Pertamina SMEXPO merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) point 8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

Pada ekhisbisi menjelang SMEXPO 2022, antara lain tampil dua mitra binaan yakni Oniecraft Vite dengan produk silver, tembaga dan gold plated jewelry; serta Lombok Mulia Craft yang memproduksi pearl jewelry menggunakan mutiara asli, kain songket,dan kain tenun khas Nusa Tenggara Barat (NTB)
Pemilik Vite Jewelry, Yosephine Erliani Onie, mengatakan senang ketika diajak Pertamina untuk mengikuti pameran. “Produk kami yang dihadirkan ada perhiasan, silver bentuknya ada kalung, gelang, pin, dengan kisaran harga sekitar Rp200 ribu hingga Rp 1juta. Banyak yang tertarik untuk beli. Kami berterima kasih pada Pertamina SMEXPO,” ujarnya.

Yosephine mulai membangun bisnis kerajinan pada 2009 dengan merek Oniecraft di Kebayoran Baru, Jakata Selatan. Pada 2011, dia mulai menambah lini produk perak. Bisnisnya terus berkembang hingga dia menggunakan merek Vite pada awal 2016 yang mengkhususkan diri dalam perhiasan perak. “Dengan Vite kami terus berkembang untuk kepuasan pelanggan inovasi baru sampai sekarang, dengan fokus pada kualitas perak filigree 925,“ katanya.

Filigree adalah jenis perhiasan logam yang halus, biasanya dari emas dan perak. Vite membuat manik-manik kecil atau benang yang dipilin, atau keduanya dalam kombinasi, disolder bersama ke permukaan objek dari logam yang sama dan diatur dalam motif artistik untuk membuat objek seni. Produk-produk Vite seperti perhiasangelang, liontin, bross, anting-anting, bros, anting-anting, cincin, set, miniatur, kerajinan, dan lain-lain. Produk lainnya adalah suvenir, produk jadi dikemas dalam gift organizer, miniatur dan frame.

Mulyadi, dari Lombok Mulia Craft, mengaku mendapatkan banyak keuntungan saat mendapatkan pendanaan murah dari Pertamina dan dilibatkan dalam eksebisi menjelang SMEXPO 2022. “Keuntungannya banyak menurut saya karena kami bisa memanfaatkan permodalan yang sudah diberikan dengan pemanfaatan yang luar biasa. Sama keuntungannya bisa dipromosikan di ajang pameran,“ katanta.

Bahkan, tutur Mulyadi, produk Lombok Mulia Craft dipromosikan Pertamina lewat online. “Di sini (saar eksebisi) kami memberikan diskon sampai 35%. Produk yang kami bawa juga produk yang bisa kami andalkan,” katanya. (RA)