JAKARTA- Setelah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadhil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurrahman, kini giliran Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Hendro Pandowo menyambangi lokasi kebakaran di Integrated Terminal Jakarta, Plumpang. Wakapolda mengunjungi lobi kantor Integrated Terminal Jakarta, Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jum’at (3/2/23) pukul 23.10 WIB.

Dalam keterangannya kepada media, Wakapolda Metro Jaya membenarkan telah terjadi kebakaran di Integrated Terminal Jakarta, Plumpang pada Jum’at (3/2/23) pukul 20.20 WIB. Namun, Hendro mengaku belum siap memberikan pernyataan karena perlu menuju ruang pertemuan di lantai dua.

“Kami ingin mendengar dulu kronologis kejadian dari pihak Pertamina Plumpang. Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi,” kata Hendro seperti dikutip Antara.

Hendro memastikan saat ini pihaknya fokus pada penanganan kebakaran dan melakukan evakuasi terhadap pekerja maupun warga di sekitar lokasi, ke area yang lebih aman.

PT Pertamina masih melakukan investigasi tentang penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara pada Jumat malam. Eko Kristiawan, Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra wilayah Jawa Bagian Barat, menjelaskan pihaknya masih fokus pada upaya evakuasi pekerja dan warga yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran itu.

“Kami terus berupaya maksimal menanggulangi kejadian ini. Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi,” ujar Eko.

Menurut Eko, fasilitas terminal terintegrasi itu terbakar pukul 20.20. Command Center Damkar DKI Jakarta melaporkan pipa bensin milik Pertamina kebakaran. Api dan asap hitam terlihat membumbung tinggi hingga membuat langit di sekitarnya menjadi gelap.

Publikasi Global Tank Storage menyebutkan, Integrated Terminal Jakarta dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia karena memasok sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia atau sekitar 25% dari total SPBU Pertamina.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta Pertamina bertindak cepat dalam mengatasi peristiwa terbakarnya pipa BBM di Plumpang, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam. Erick mengaku langsung menghubungi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati untuk mendapatkan update terkini di lokasi kejadian.

“Saya sudah telepon Dirut Pertamina. Yang terpenting saat ini bagaimana Pertamina bersama sejumlah pihak segera bisa memadamkan api dan menyelamatkan korban serta warga sekitar,” ujar Erick.

Menteri BUMN juga meminta Pertamina mengusut tuntas peristiwa itu dan berkoordinasi secara intensif dengan kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan tindakan tanggap darurat di sekitar lokasi kejadian. Erick mengatakan aksi tindakan yang cepat menjadi keharusan dalam meminimalkan dampak peristiwa tersebut, terutama untuk masyarakat sekitar. (DR)