JAKARTA – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) menuntaskan pembelian kapal kargo Mother Vessel (MV), MV Dewi Regina Manggala. Kapal kargo kelas handysize ini menambah jumlah MV yang dimiliki perusahaan menjadi lima kapal.

“Ini bagian dari ekspansi armada perseroan sejalan dengan peningkatan kebutuhan logistik Indonesia untuk sektor energi,” kata Imelda Agustina Kiagoes, Sekretaris Perusahaan, Kamis (23/5).

Imelda mengungkapkan penandatanganan kontrak kerja sama telah dilakukan untuk kapal kargo dengan kapasitas 31.000 DWT yang direncanakan untuk pengiriman pertama mengangkut alumina di area Kalimantan Barat ke Sumatera Utara.

Total kapasitas pengangkutan MV saat ini meningkat menjadi 205.552 DWT, dibanding sebelumnya 31.000 DWT. Investasi kapal di atas US$8 juta dengan menggunakan 30% kas perseroan dan 70% utang bank.

Sepanjang kuartal I 2019 Pelita Samudera mencatat pendapatan bersih sebesar US$17,7 juta naik 9% dari kuartal I 2018.

Pelita Samudera merupakan perusahaan jasa angkutan laut untuk pengangkutan dan pemindahmuatan batu bara terintegrasi yang menyediakan fasilitas kapal tunda dan kapal tongkang (tugs and barges), fasilitas muatan apung (floating loading facility), fasilitas bongkar muat apung (floating crane) dan kapal kargo curah mother vessel handymax dan supramax secara terintegrasi yang memberikan value added kepada para konsumen.

“Pencapaian kontrak time charter ini menunjukkan usaha perseroan untuk mengembangkan basis pelanggan dari batu bara ke sektor energi lainnya, termasuk mineral,” tandas Imelda.(RA)