Dunia Energi Logo Senin, 20 November 2017

Wow… Inovasi Berkelanjutan Insan Pertamina Hasilkan Value Creation Rp10,2 Triliun

JAKARTA – Insan Mutu Pertamina berhasil menciptakan value creation bagi perusahaan senilai Rp10,2 triliun dalam Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2015. Ini adalah sebuah ajang berbagi pengetahuan dan penciptaan inovasi berkelanjutan untuk mendukung kinerja perusahaan.

APQ Awards merupakan kegiatan tahunan kompetisi inovasi dan continuous improvement program (CIP), yang memperebutkan 12 kategori penghargaan, kemarin dibuka secara resmi oleh Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Arief Budiman, bersamaan dengan pameran karya inovasi insan mutu Pertamina yang menampilkan 27 karya terbaik melalui visualisasi yang menarik.

Arief menyampaikan apresiasinya kepada seluruh insan mutu Pertamina yang telah mewujudkan konsistensinya dalam mendukung lima strategi prioritas perusahaan, sehingga bisa menjadi titik tolak terciptanya sinergi di seluruh fungsi dan lini bisnis untuk meningkatkan kinerga dan daya saing di skala global, serta tangguh dalam menghadapi turbulensi bisnis migas yang saat ini tengah lesu.

“Peran insan mutu sangat diharapkan dalam memperbaiki proses bisnis yang mengarah pada efisiensi dan efektifitas kerja. Hal tersebut telah terbukti dengan penciptaanvalue creation yang terus meningkat dari tahun ke tahun dimana tahun ini mencatatkan value creation hingga Rp10,2 triliun rupiah dan membuktikan bahwa aset pengetahuan merupakan competitive advantage perusahaan,” jelas Arief.

Arief menambahkan Annual Pertamina Quality (APQ) Awards ke-6 ini mengusung tema “Insan Mutu Siap Bersinergi Menuju Prestasi Kelas Dunia Melalui Interaksi Program Improvement & Innovation dalam Lima Prioritas Strategis Perusahaan Sebagai Keunggulan Kompetitif Pertamina” diharapkan dapat dapat mendorong pengembangan budaya berbagi pengetahuan, serta menyelesaikan masalah pekerjaan dan menuangkan ide inovasi dengan metode continuous improvement program secara berkelanjutan.

Sementara itu, VP Quality, System & Knowledge Management Pertamina Faisal Yusra menyatakan kegiatan Forum Presentasi CIP yang sudah berlangsung sejak Sabtu, 31 Oktober 2015 diikuti oleh 128 gugus/kelompok CIP terbaik dari Unit Operasi/Bisnis/Region dan Anak Perusahaan yang terdiri dari 60 Project Colaboration Improvement (PC Prove), 47 Functional Team Improvement (FT Prove) dan 21 Individual Improvement (I-Prove), dengan total risalah mencapai 1860.

Menurutnya, hasil inovasi insan mutu Pertamina bukanlah kreasi yang hanya dikenal di lingkup perusahaan saja, namun telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak di tingkat nasional maupun internasional dalam berbagai forum. Pada 2015, insan mutu Pertamina memperoleh sejumlah penghargaan di antaranya: Winner of 2015 Indonesian MAKE Award yang merupakan penghargaan tertinggi atas knowledge management perusahaan di tingkat Nasional; Tiga tim CIP memperoleh Kategori Three Stars dan delapan tim memperoleh Two Stars pada International Exposition on Team Excellence-Singapore; Tiga tim CIP memperoleh kategori Gold dalam International Convention on Quality Control Circle-Korea, dan Dharma Karya Kementerian ESDM dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.

Faisal menambahkan secara berkelanjutan APQ Awards terus menghasilkan pencipataan nilai yang signifikan bagi perusahaan dimana dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada 2010, penciptaan nilai sebesar Rp 986 miliar. Naik menjadi Rp1,29 triliun pada 2011. Selanjutnya pada 2012 penciptaan nilai sebesar Rp1,85 triliun dan naik menjadi Rp2,71 triliun pada 2013. Pada 2014, penciptaan nilai menjadi Rp 8,008 triliun dan pada tahun ini bertambah menjadi Rp10,2 triliun.

APQ Awards 2015 yang digelar selama 5 hari, mulai 31 Oktober hingga 4 November 2015, menjadi bukti bahwa kegiatan improvement & innovation secara berkelanjutan di Pertamina didukung oleh Manajemen dan peran aktif pekerja di seluruh lingkungan perusahaan.(LH)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)