Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Warga Perbatasan Indonesia-Timor Leste Terima Bantuan Pertamina dan TNI AD

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan (berjas merah) dan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Moeldoko (kanan) bercengkerama dengan para siswa PAUD dalam Bakti Sosial di Desa Loluna Puebulak, Kabupaten Belu, NTT, yang berbatasan dengan wilayah Timor Leste.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan (berjas merah) dan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Moeldoko (kanan) bercengkerama dengan para siswa PAUD dalam Bakti Sosial di Desa Loluna Puebulak, Kabupaten Belu, NTT, yang berbatasan dengan wilayah Timor Leste.

BELU – PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) kembali menggelar bakti sosial di wilayah perbatasan. Kali ini yang menerima bantuan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu adalah warga Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Timor Leste.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan dan Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Moeldoko hadir dalam bakti sosial yang dilaksanakan di Desa Loluna Puebulak, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu itu. Di wilayah yang berjarak 3 km dari perbatasan Timor Leste terebut, dilaksanakan berbagai aksi sosial di bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

Di bidang kesehatan, Pertamina menyerahkan satu unit ambulans, membangun Pos kesehatan desa (Poskesdes) berikut alat kesehatan, serta pengobatan gratis di Desa Loluna Peubelak. Sementara kegiatan operasi operasi katarak, hernia serta bibir sumbing gratis dilaksanakan di RS Wira Sakti Korem 161/Kupang dengan melibatkan tim dokter dari Pertamedika serta Angkatan Darat.

Di bidang pendidikan, Pertamina memberikan bantuan buku perpustakaan serta alat permainan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Sedangkan di bidang lingkungan, dilakukan penanaman sebanyak 220.000 pohon sampai dengan akhir 2013, yang terdiri dari 90% Lamtoro Gung dan 10% pohon Gaharu.

Lamtoro Gung merupakan tanaman endemik NTT, dan memiliki potensi secara ekonomi yang belum tergali secara optimal. Dengan penanaman Lamtoro Gung, diharapkan di masa mendatang pelaksanaan program ini dapat ikut memberikan kontribusi, bagi peningkatan taraf ekonomi masyarakat di sekitar perbatasan Indonesia.

“Sinergi ini merupakan bagian dari kerjasama antara Pertamina dan TNI AD untuk melaksanakan Bakti Sosial dan upaya pemberdayaan masyarakat di wilayah-wilayah perbatasan dan daerah terpencil di Tanah Air. Bagi Pertamina, aksi nyata ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan,” tutur Karen, disela menyampaikan bantuan di Desa Loluna Peubelak, Kamis, 4 Juli 2013.

Sebagai BUMN pengelola hasil tambang dari perut bumi Nusantara, ujarnya, Pertamina konsisten dalam upaya mengembalikan kelestarian lingkungan, melalui program Menabung 100 juta Pohon. Untuk kerjasama Pertamina dengan TNI, akan dilakukan penanaman 20 juta pohon berbagai jenis, di 96 lokasi hingga akhir 2013.

“Kami berharap kegiatan ini bisa mendorong semangat nasionalisme masyarakat perbatasan, yang mungkin sangat sulit dijangkau sehingga terkendala dalam membangun wilayahnya,” pungkas Karen.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)