Dunia Energi Logo Kamis, 18 Oktober 2018
Investasi dan Kemitraan Chevron 

Turut Meningkatkan Peluang Bagi Keluarga dan Bisnis Kecil Indonesia

SELAMA 94 tahun terakhir menjalin kemitraan di Indonesia, PT Chevron Pacific Indonesia berkontribusi terhadap tersedianya lapangan kerja yang berkualitas, sehingga turut meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia, dan memberikan progra investasi sosial yang bermanfaat. Serta menyumbangkan pendapatan negara hampir US$200 miliar.

“Kita hidup di dunia yang saling berhubungan dan saling bergantung satu sama lain untuk maju. Kami percaya bahwa bisnis kami dapat berhasil apabila masyarakat di sekitar wilayah operasi kami juga berhasil,” ujar Albert Simanjuntak, Deputy Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit dan Presiden Direktur Chevron Pacific Indonesia, Kamis (19/7).

Saat ini, 98,7% karyawan Chevron Indonesia merupakan karyawan nasional, naik dari sebelumnya 97% pada 2016.

Investasi dan kemitraan Chevron dengan masyarakat turut meningkatkan peluang bagi keluarga dan bisnis kecil di Indonesia. Program Pengembangan Bisnis Lokal (Local Business Development – LBD) kami di Riau, Kalimantan Timur dan Jawa Barat menghasilkan lebih dari 7.800 kontrak bagi perusahaan lokal, menciptakan hampir 52.000 lapangan kerja, dan membelanjakan lebih dari US$120 juta (Rp 1,2 triliun) untuk barang dan jasa dari mitra lokal.

“Kami juga menyelenggarakan pelatihan kejuruan (vocational training) untuk membantu anak-anak muda dalam mempelajari keterampilan baru. Sekitar 400 peserta mengikuti program ini terhitung sejak 2011,” ungkap Albert.

Chevron juga mengembangkan program pertanian terpadu yang berkelanjutan, pengembangan usaha kecil-mikro, serta akses masyarakat terhadap lembaga keuangan mikro di sekitar wilayah operasi Chevron di Provinsi Riau. Sejak 2015, program tersebut telah melatih lebih dari 1.570 petani dan pengusaha kecil-mikro sehingga mampu meningkatkan tingkat pendapatan mereka.

Tak hanya itu, Chevron turut membantu pendirian pusat usaha kecil-menengah yang menjadi tempat konsultasi bisnis dan penjualan lebih dari 200 produk

Baca juga  Gabung Ke Pertamina, PGN akan Leluasa Mengembangkan Bisnis

Dengan fokus pada keberlanjutan, Chevron mendukung guru, terutama yang mengajar sains, teknologi, teknik dan matematika, untuk meningkatkan peluang kerja bagi generasi mendatang. Investasi kami di bidang pendidikan dan pelatihan telah membantu masyarakat untuk meraih kesuksesan. Pendidikan menjadi fokus Chevron sejak 1957, ketika mendirikan sekolah menengah atas pertama di Riau, yakni SMAN 1 Pekanbaru.

Chevron Pacific Indonesia, melalui kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Riau, mendirikan Politeknik Caltex Riau (PCR) pada 2001. PCR merupakan politeknik pertama di Provinsi Riau. Kurikulummnya disusun untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Hingga 2017, PCR telah meluluskan lebih dari 3.300 mahasiswa. Sekitar 85% lulusan mendapatkan pekerjaan dalam kurun tiga bulan setelah lulus.

Chevrob juga membantu pendirian Politeknik Aceh pada 2008, sebagai bagian dari program Chevron Aceh Recovery Initiative (CARI) setelah terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan wilayah Aceh pada 2004. Politeknik tersebut membuka jurusan mekatronika, teknologi informasi, elektronika industri, dan akuntansi.

“Kami juga menginisiasi Darmasiswa Chevron Riau (DCR), sebuah beasiswa untuk membantu siswa-siswa terbaik di Riau dalam mengakses pendidikan tinggi. Sejak 2001, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 1.000 siswa, kata Albert.

Rita Kusrina, yang saat ini bekerja sebagai seorang analis di PT CPI, menerima beasiswa DCR untuk menempuh Pendidikan di Politeknik Caltex Riau pada 2002. “Berkat beasiswa ini, saya dapat membiayai pendidikan saya tanpa membebankan pada orang tua, mempelajari keahlian untuk memasuki dunia kerja dan hidup mandiri,” kata Rita.

Chevron membantu kesehatan masyarakat dengan meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan. Melalui program Desa Siaga di Provinsi Riau dan Kalimantan Timur. Bekerja sama dengan organisasi dan pemerintah setempat, Chevron  membantu para bidan dan sukarelawan di 10 desa dalam menolong proses melahirkan dan penanganan bayi baru lahir.

Baca juga  Shell Minta Pemerintah Kaji Ulang  Pengaturan Harga BBM Nonsubsidi

Pada 2015, Chevron menyediakan perlengkapan medis bagi 15 pusat pelayanan kesehatan masyarakat. Pada akhir 2016, setiap bulannya lebih dari 2.500 wanita dan anak-anak merasakan manfaat dari program tersebut.

Di Rumbai Pesisir, kecamatan yang terletak di sepanjang Sungai Siak dekat Pekanbaru di Provinsi Riau, kami bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membangun sumur air bersih. “Sebelumnya masyarakat sangat kesulitan untuk mendapatkan akses terhadap air bersih,” kata Yuliarso, Camat Rumbai Pesisir yang membawahi delapan kelurahan di wilayah tersebut.

“Chevron tidak hanya menyediakan akses terhadap air bersih, namun juga meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.”(AT)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.