Dunia Energi Logo Jumat, 22 September 2017

Tunggu Pertemuan OPEC, Harga Minyak Bergerak Terbatas

JAKARTA – Harga minyak dunia masih bergerak dalam kisaran terbatas menunggu pertemuan negara-negara produsen yang tergabung dalam OPEC di Wina, Austria. Harga minyak mentah patokan AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun 9 sen, atau 0,2 persen ke level US$49,01 per barel di New York Mercantile Exchange, Rabu (Kamis pagi WIB). Sementara harga minyak mentah Brent, turun 17 sen atau 0,3 persen ke level US$49,72 per barel di ICE Futures Europe.

Pelaku pasar masih hati-hati menunggu pertemuan OPEC, meski ada indikasi Arab Saudi, produsen minyak terbesar, melunak dan mempertimbangkan untuk menahan produksi. Langkah tersebut cukup mengejutkan banyak pihak, pasalnya Arab Saudi sempat tidak mencapai kesepakatan dengan OPEC dan Rusia untuk menahan produksinya.

“Saya tidak tahu mengapa pasar menjadi begitu optimistis. tapi dengan adanya rencana menahan produksi tersebut maka secara teori akan menurunkan cadangan,” kata Donald Morto, Senior Vice President Herbert J. Sims & Co.

Sementara itu, sebagian besar analis tidak memperkirakan kartel 13 negara akan mengumumkan sebuah tindakan untuk mengurangi produksi, terutama karena harga telah berbalik naik (rebound) hingga level US$50 per barel dari posisi terendah Februari hingga dibawah US$30 per barel.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)