Dunia Energi Logo Minggu, 18 November 2018

Tim RISE UI Ciptakan Panel Surya Unkonvensional

JAKARTA – Tim RISE dari Universitas Indonesia akhirnya berhasil menyisihkan 350 tim mahasiswa/i dari seluruh Indonesia dalam ajang kompetisi Go Green in the City 2018 tingkat nasional, yang diselenggarakan Schneider Electric Indonesia.

Xavier Denoly, Country President Schneider Electric Indonesia, mengatakan tim RISE yang terdiri dari Clarissa Merry dan Rivaldo Gurky menampilkan proyek Smart Memory Alloy for Reliable Trackers (SMART) yang menjawab permasalahan akan kebutuhan sumber energi alternatif dan pemerataan akses listrik di area rural dengan memaksimalkan penyerapan tenaga surya menggunakan solusi sistem panel surya yang dapat secara fleksibel mengikuti arah gerak matahari.

“Dengan sistem panel surya ini, maka energi listrik yang dihasilkan dari tenaga surya dapat meningkat sekitar 18% dibandingkan sistem panel surya konvensional,” kata Xavier di Jakarta, Kamis (12/7).

Dia menambahkan, dalam satu hari dimungkinkan panel listrik tersebut dapat menghasilkan energi listrik hingga 31,6 MWh, setara dengan menghidupkan 2.300 rumah tangga dengan konsumsi listrik rata-rata per harinya sebesar 13,6kWh.

Generasi milenial dikenal memiliki pemahaman yang baik tentang konsekuensi dari tindakan mereka terhadap lingkungan dan memiliki pendidikan, motivasi dan kesadaran sosial untuk berpartisipasi dalam gerakan ramah lingkungan.

Berdasarkan studi global yang dilakukan oleh Nielsen pada tahun 2015, generasi milenial merupakan generasi konsumen yang paling bersedia membayar ekstra untuk produk atau jasa yang menerapkan prinsip sustainability dan akan memilih perusahaan yang memiliki komitmen untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan dan sosial.

Tidak hanya itu, generasi milenial merupakan generasi yang paling melek teknologi dan cenderung memanfaatkan teknologi untuk mempermudah segala aktivitasnya. Survey Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia yang dikeluarkan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia) 2017 menunjukkan generasi milenial dengan rentang usia 19 – 34 tahun merupakan pengguna internet terbanyak di Indonesia sebesar 49,52%, dimana berita sosial / lingkungan merupakan konten berita kategori sosial-politik yang paling banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia.

Baca juga  Target Bauran EBT Dapat Dicapai dengan Pertumbuhan Pemanfaatan 1,5% Per Tahun

“Sebagai generasi yang tech savvy dan mendominasi 50 % dari tenaga kerja produktif pada tahun 2020, milenial menjadi tonggak utama dalam melakukan suatu perubahan besar yang sustainable dengan pemanfaatan teknologi, internet of things dan kecerdasan buatan,” kata Xavier.(RA)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.