Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Tiga Proyek Infrastruktur Pipa Pertamina Gas Sudah Capai 90%

JAKARTA – PT Pertamina Gas (Pertagas), anak usaha PT Pertamina (Persero) fokus pada penambahan jaringan pipa sepanjang tahun ini. Tiga proyek menjadi prioritas adalah pembangunan pipa Porong-Grati, Muara Karang-Muara Tawar dan Gresik-Semarang.

 

“Tahun ini kami anggarkan investasi sebesar US$325 juta, sebesar US$305 juta di antaranya untuk pembangunan jaringan pipa,” ujar Adiatma Sardjito, Sekretaris Perusahaan Pertagas.

 

Saat ini kemajuan ketiga proyek yang dibangun Pertagas sudah mencapai 90%. Untuk jaringan pipa gas Muara Tawar ke Muara Karang sepanjang 29 kilometer (km), saat ini kemajuannya sudah lebih dari 90%. Tinggal 7 km lahan yang belum dibebaskan.

 

Proyek kedua adalah jaringan pipa Gresik ke Semarang sepanjang 257 km, saat ini kemajuannya sudah mencapai 90% untuk tahapan EPC (engineering procurement and construction). “Ditargetkan tahun depan proyek ini akan selesai,” tukas Adiatma.

 

Pipa transmisi ini bakal melewati dua provinsi, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah. Serta tujuh kota atau kabupaten, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Blora, Grobogan, Demak, dan Semarang.

 

Untuk proyek ketiga, pembangunan pipa transmisi gas ruas Porong-Grati sudah memasuki tahap akhir. Ruas pipa yang dibangun sepanjang 57 km dan sekarang kemajuannya sudah lebih dari 90%.  “Dengan kemajuan yang demikian ditargetkan akan selesai September tahun ini,” tandas Adiatma.(EA)

 

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)