Dunia Energi Logo Rabu, 22 November 2017

SIS Capai Kinerja Tertinggi Penambangan dan Pengangkutan Batubara Adaro

Kegiatan penambangan batubara PT Adaro Indonesia.

Kegiatan penambangan batubara PT Adaro Indonesia.

JAKARTA – Sepanjang tahun lalu, kontraktor pertambangan PT Saptaindra Sejati (SIS) berhasil mencapai kinerja tertinggi penambangan dan pengangkutan batubara PT Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan, dengan total volume 19,7 juta ton.    

Di Kalimantan Selatan, Adaro beroperasi di tiga tambang yang merupakan satu konsesi. Anak usaha PT Adaro Energy Tbk ini mempekerjakan lima kontraktor penambangan, termasuk SIS yang juga merupakan anak perusahaan Adaro.

Lingkup kerja SIS di tambang Adaro meliputi pemindahan lapisan penutup, penambangan batubara, dan aktivitas pengangkutan batubara. SIS juga dan menjadi kontraktor penambangan untuk proyek batubara Balangan di Kalimantan Selatan, yang diakuisisi Adaro belum lama ini.

Seperti dituturkan Cameron Tough, Head of IR & Corporate Secretary Adaro Energy, pada 2013 SIS mencapai kinerja tertinggi untuk penambangan dan pengangkutan batubara, sebanyak 19,7 juta ton. SIS juga mencapai kinerja kedua tertinggi untuk pemindahan lapisan penutup (overburden removal, red) dengan total pemindahan 103,2 Mbcm.

“Para kontraktor mencetak rekor baru untuk pengangkutan batubara harian dengan capaian 187.331 ton per hari pada tanggal 18 Desember 2013. Kegiatan penambangan batubara naik 12% dibandingkan periode yang sama pada 2012, mendukung target produksi batubara Adaro sebesar 52 juta ton di 2013,” tutur Cameron di Jakarta, Selasa, 4 Februari 2014.  

Ia menambahkan, hingga saat ini sebagian besar proyek SIS adalah pengerjaan tambang batubara Adaro. Sebanyak 65% dari keseluruhan pekerjaan overburden removal SIS, diperoleh dari Adaro. Demikian pula dengan pekerjaan penambangan dan pengangkutan, sebanyak 72% didapatkan dari Adaro.

Secara umum, kata Cameron lagi, aktivitas overburden removal Adaro pada 2013 menurun. Volume pemindahan turun 10% dibawah jumlah yang tercatat pada 2012. Di kuartal ketiga 2013, pemindahan lapisan penutup juga turun 7% dibandingkan kuartal sebelumnya.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)