Dunia Energi Logo Senin, 23 Oktober 2017

Sepekan ANTM Borong Enam Penghargaan

JAKARTA – Sepanjang pekan lalu boleh dibilang milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Emiten pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia dengan kode ANTM ini, memborong sekaligus enam penghargaan Indonesian Quality Award (IQA) dan Anugerah Business Review (ABR) 2012.

Penghargaan IQA 2012 diterima langsung oleh Direktur Operasi ANTM, Winardi, pada 21 November 2012, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Dari 26 perusahaan yang ikut serta dalam IQA 2012, ANTM meraih dua penghargaan Good Performance dan Bronze Achievement Award dalam assessment pencapaian tingkat kinerja.

Penghargaan Good Performance merupakan klasifikasi penilaian kinerja perusahaan, berdasarkan total skor hasil assessment perusahaan secara keseluruhan. Sedangkan Bronze Achievement Award merupakan pemeringkatan berdasarkan tingkat pencapaian skor dibandingkan tahun sebelumnya.

Winardi menuturkan, untuk meraih kedua penghargaan tersebut, ANTM telah melalui berbagai tahapan assessment berdasarkan kriteria-kriteria yang meliputi Leadership, Strategic Planning, Costumer Focus, Measurement, Analysis, Knowledge Management dan Business Outcome.

IQA diselenggarakan oleh IQA Foundation yang setiap tahun memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah menerapkan Kriteria Kinerja Ekselen Malcolm Baldridge.

Sementara penghargaan ABR 2012 diterima oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) ANTM, Achmad Ardianto, di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta pada 21 November 2012.

Penghargaan yang diraih ANTM antara lain Peringkat ke-3 kategori The Best Corporate of The Year, Peringkat ke-2 kategori The Best GCG (Good Corporate Governance) Implementation, Peringkat ke-3 kategori The Best Risk Management, dan Peringkat ke-5 kategori The Best Human Capital.

Anugerah Business Review (ABR) melakukan penilaian terhadap 53 perusahaan yang terseleksi. Penilaian dilakukan melalui input dari beberapa tahapan survei independen terhadap khalayak umum dan stakeholder internal perusahaan, pengisian kuesioner, dan pemaparan presentasi oleh kandidat perusahaan sebagai bahan penilaian.

ABR merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Majalah Business Review, yang melakukan penilaian kepada perusahaan-perusahaan dan CEO-CEO terkemuka di Indonesia, baik BUMN, swasta nasional maupun multinasional, yang berhasil meningkatkan kinerja atau menciptakan pertumbuhan.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)