Dunia Energi Logo Senin, 10 Desember 2018

Sebanyak 1.360 LTSHE Dibagikan, Rasio Elektrifikasi Pulau Nias Jadi 65%

JAKARTA – Pemerintah membagikan 1.360 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarakat yang tersebar di 21 desa di lima kabupaten, Pulau Nias, Sumatera Utara.

Seiring tambahan LTSHE untuk melistriki warga maka rasio elektrifikasi di Nias yang tergolong masih rendah juga bisa ditingkatkan.

“Ini meningkatkan rasio elektrifikasi. Saya tanya Direktur PLN Regional Sumatera, sekarang ini rasio elektrifikasi 51%-52%, jadi kalau ditambah 1.300 lebih akan naik elektrifikasinya menjadi 64%-65%, lumayan ini,” kata Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Pulau Nias, Kamis (6/12).

Sepankang 2018 program LTSHE  dilaksanakan di 16 provinsi dengan jumlah LTSHE yang disiapkan sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar Rp 600 miliar.

Jonan juga mengajak pemerintah daerah ikut aktif dalam mendukung target pemerintah pusat dalam mengejar rasio elektrifikasi 100% pada 2019, sehingga seluruh daerah terlistriki.

“Tolong yang wakil-wakil dari kabupaten lain, juga pak bupati, kalau kurang tolong kirim surat. Nanti kami tambah lagi tahun depan, karena target pemerintah 2019 itu rasio elektrifikasi 100%,” ungkap Jonan.

Noor Arifin Muhammad‎, Direktur Infrastruktur Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, mengatakan LTSHE dipasangkan pada rumah yang belum mendapat aliran listrik karena tidak ada jaringan di wilayahnya. Saat ini pembagian sudah 90% dan sisanya sekitar 143 unit akan diselesaikan sebelum pergantian tahun. ‎Lampu tersebut digunakan sementara selama tiga tahun, untuk menunggu pembangunan jaringan kelistrikan.

“LTSHE dijamin nyala tiga tahun. Untuk jamin nyala, melalui provider sudah ada service center di Gunung Sitoli,” ujar Arifin.

Lebih lanjut Arifin menjelaskan berdasarkan data 2017 masih ada 2.500 desa atau sekitar 256.116 kepala keluarga yang belum mendapat aliran listrik. Pemerintah telah menerima masukan adanya kepala keluarga yang belum mendapatkan aliran listrik.

Baca juga  Biaya Investasi dan Harga Ganjalan Pengembangan Industri Kimia Berbasis Batu Bara

Dia menuturkan dalam jangka waktu tiga tahun terhitung dari 2017 akan disapu bersih jumlah warga yang belum mendapatkan aliran listrik sama sekali dengan pembagian LTSHE sehingga bisa mengejar target rasio elektrifikasi 100% di tahun depan.

“Dari dua tahun masih masih ada yang belum dapat. 2019 ada 98 ribu unit LTSHE yang dibagikan,” kata Arifin.(RI)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.