Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Samudera Indonesia Kembangkan Bisnis Pelayaran Gas Domestik

JAKARTA – PT Samudera lndonesia Tbk (SMDR) menggandeng AST Inc, operaror kapal gas asal Jepang untuk mengembangkan bisnis pelayaran gas domestik di Indonesia. Samudera Indonesia berencana mengembangkan kapal-kapal pengangkut liqufied natural gas (LNG) untuk kebutuhan domestik, di bawah bendera PT Samudera Amanah Tanker (SAT).

“Investasi untuk pengembangan kapal-kapal pengangkut gas di Indonesia sebesar US$ 3 juta,” kata Bani Mulia, Direktur Samudera Indonesia di Jakarta, Rabu (24/5).

Menurut Bani, saat ini sudah ada satu kapal pengangkut gas yang beroperasi dengan kapasitas 4.000 ton. Ke depannya, Samudera Amanah akan menambah kapasitas kapal pengangkut gas menjadi 5.000 ton. “Syarat agar Samudera Amanah bisa menjadi PMA adalah minimal kapasitas kapal yang dimiliki sebesar 5.000 ton,” kata dia.

Masli Mulia, Direktur Utama Samudera Indonesia, menambahkan pada 2016 perseroan telah mendirikan PT Samudera Agencies lndonesia (SAI) sebagai unit usaha yang fokus menangani bisnis keagenan kapal di bawah lini bisnis Samudera Agencies. SAl efektif mengantongi Surat izin Usaha Perusahaan Keagenan Kapal (SIUPKKI) per 16 Maret 2017.

Melalui SAl, Samudera Agencies dapat melakukan kegiatan keagenan perusahaan pelayaran asing dengan lebih efisien berbekal pengalaman lebih dari 60 tahun di industri keagenan di indonesia.
Samudera lndonesia sebelumnya juga telah mendirikan PT Samudera Terminal indonesia (STI) untuk mengelola bisnis pengelolaan terminal dan kepelabuhanan dengan lebih fokus. Restrukturisasi pengalihan saham efektif dilaksanakan pada 2 Mei 2016 yang menghasilkan STI sebagai induk (sub-holding) dari lima anak perusahaan Samudera Terminal. Saat ini STI membawahi empat terminal yang berlokasi di Tanjung Priok dan Palaran, Kalimantan Timur.
Samudera lndonesia juga melakukan berbagai pengembangan di lini bisnis Samudera Shipping baik untuk bisnis pelayaran di indonesia maupun di luar negeri. PT Samudera Asahi Shipping (SAS) didirikan bersama sebagai perusahaan joint venture antara Samudera indonesia dengan Osaka Asahi Kaiun Co Ltd dan PT Jasindo Duta Segara. SAS akan memasuki bisnis kepemilikan kapal di indonesia.
Perseroan juga mendirikan Samudera Bharat Feeder Pvt Ltd bersama dengan United Liner Shipping Services LLP untuk menggarap pasar pelayaran domestik di pesisir india.
Pengembangan lini bisnis Samudera Logistics juga terus dilakukan baik di indonesia maupun di luar negeri. Melalui jaringan kantor milik yang dimiliki di berbagai negara Asia, Samudera Logam terus mengembangkan kerjasama penggarapan pasar logistik dengan sejumlah mitra strategis, Melalui anak usaha Silkargo Logistics (Singapore) Pte Ltd Samudera Wm memasuki bisnis warehousing di Malaysia dengan mendirikan Seahawk Tangguh Sdn Bhd bersama mitra Seahawk Global Land Sdn Bhd.

Lini bisnis Samudera Property dikembangkan melalui unit usaha PT Samudera Properti indonesia yang saat ini difokuskan untuk mengembangkan aset lahan dan aset praperti milik Samudera indonesia yang terletak di berbagai kota di lndonesia.

“Kelima lini bisnis Samudera indonesia tersebut dikembangkan dan dikelola secara fokus oleh tim manajemen yang dedicated dan ahli di bidangnya masing-masing,” tandas Masli.(RA)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)