Dunia Energi Logo Rabu, 18 Juli 2018

Raih The PEER Awards, Pertamina EP Menuju Perusahaan Kelas Dunia

LONDON– PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah SKK Migas melalui unit usaha Asset 3 Subang Field, berhasil meraih penghargaan The PEER Awards. Pertamina EP Asset 3 Subang Field berhasil menjadi pemenang untuk Kategori Regional Asia setelah bersaing dengan empat perusahaan dari Turki, yaitu YapiVeKrediBankasi AS, Turkcell, Pegasus HavaTascimaligi AS, dan Takeda serta JK Cement India.

Seremonial penghargaan berlangsung di Fortnum and Mason, London, Inggris, akhir pekan lalu. Penghargaan diberikan langsung oleh panitia kepada Subang Field Manager Armand Mel I Hukom.

The PEER Awards diselenggarakan secara rutin dari 2015. Tahun ini, Pertamina EP Asset 3 Subang Field mengikuti ajang ini untuk pertama kalinya dan meraih penghargaan. “Total ada 50 finalis yang lolos untuk mengikuti acara penghargaan ini, termasuk Pertamina EP Asset 3 Subang Field,” ujar Hukom dalam keterangan tertulis yang diterima Dunia-Energi, Kamis (5/7).

Armand Mel I Hukom, Pertamina EP Asset 3 Subang Field Manager. (Foto: Syahril Lantoni)

The PEER Awards merupakan salah satu ajang penghargaan bergensi di bidang tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang diselenggarakan oleh Informatology Ltd, Inggris. Ajang ini diikuti berbagai perusahaan dari seluruh dunia antara lain lain Barclays Bank, Bristish Gas, HSBC, Coca Cola, dan Lloyds Banking Group serta beberapa perusahaan internasional lainnya.

Armand mengatakan, program yang diajukan Pertamina EP Asset 3 Subang Field adalah Program Pendidikan Lingkungan untuk Anak (PELITA) dengan judul pengusulan “Green Education for Children-Nature Based Preschool” pada kategori “Corporate Responsibility” Subkategori “Educating Community”. Program ini berlokasi di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Dia menjelaskan mengatakan program berbasis pendidikan karakter untuk anak usia dini ini sudah berjalan sejak 2017. Tahun ini, program ini mengunggalkan inovasi sistem, yaitu “Sekolah Berbayar Sampah”. Wali murid cukup mengumpulkan sampah setiap minggunya sebagai syarat pembyaran sekolah. Wali murid akan mendaptkan tabungan dan tabungan tersebut dapat digunakan untuk pembelian seragam, alat tulis, dan karya wisata.

Baca juga  Melalui LIKE, PLN Taksir Raih Penghematan Rp1, 4 Triliun

“Menjalanan program CSR di lingkungan perusahaan merupakan salah satu komitmen dari Pertamina EP karena perusahaan ini tumbuh dan berkembang bersama masyarakat,” ujarnya.

Prestasi yang ditorehkan Pertamina EP Asset 3 Subang Field di sektor pemberdayaan masyarakat sekitar operasi, juga sejalan dengan kinerja positif di sektor produksi. Hingga awal Juli 2018, Pertamina EP Asset 3 Subang Field, mencatatkan lonjakan produksi minyak cukup signifikan.

Produksi minyak tercatat 3.221 barel per hari (BPH) dengan rata-rata produksi keseluruhan sampai 2 Juli sebesar 2.227 BPH (year to date). Dengan demikian, pencapaian produksi minyak adalah 92,4% dari target sebesar 2.412 BPH. Sedangkan produksi gas total mencapai 207,9 MMSCFD sehingga pencapaian sebesar 95,3% dari target sebesar 218 MMSCFD.

Pada 2017, minyak dari Subang Field sebesar 1.593 barel oil per day (BOPD) dengan pencapaian produksi sebesar 77% dengan target sebesar 2.064 BPH dan produksi gas sebesar 217 MMSCFD dengan pencapaian produksi sebesar 91%.

“Kenaikan produksi karena pengeboran sumur jAS9-10 (Jas D) yang memberikan sumbangan 1.100 barel dan pekerjaan workover sumur JAS-01 yang memberikan kontribusi sekitar 500 barel,” ujarnya. (RI)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.