Dunia Energi Logo Selasa, 21 November 2017

PT Pertamina EP dan Bupati Langkat Gelar Panen Perdana Ikan Bandeng

TELUK MEKU – Direktur Keuangan PT Pertamina EP Lukitaningsih bersama Bupati Langkat Ngogesa Sitepu melakukan panen perdana ikan bandeng sebanyak 500 kilogram  pekan lalu setelah sebelumnya dilakukan pembinaan dan pendampingan program budidaya bandeng selama 7 bulan.

Keberhasilan program CSR PT Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu Field tersebut mendapatkan pujian dari Bupati Langkat. “Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Langkat, saya menyampaikan apresiasi atas program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh PT Pertamina EP di Kabupaten Langkat,” ujar Ngogesa.

Panen Perdana Pangkalan Susu

Dia juga mengatakan bahwa keberhasilan yang ditujukkan pada panen perdana tersebut merupakan dukungan dan kerjasama dari semua pihak. “Semoga program yang dilaksanakan tersebut dapat memacu semua pihak untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dalam memajukan masyarakat”, harapnya. Kepada masyarakat Kabupaten Langkat, Ngogesa mengajak s menjaga asset milik negara yang dikelola oleh Pertamina dan mendapatkan hasil yang baik.

Lukitaningsih menyampaikan bahwa sebagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, “Pertamina menyadari bahwa kehadiran kami tidak hanya untuk mendukung ketahanan energi bangsa kita, namun kehadiran kami juga harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah operasional kami,” ujar Lukitaningsih dalam sambutannya. Salah satu program tersebut adalah budidaya ikan bandeng.

Dia menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan program tersebut. “Kepada kelompok ini saya berharap, panen raya yang dilaksanakan pada hari ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir. Semoga kelompok ini terus berkembang, terus maju, dan dapat menularkan kepada kelompok lainnya, sehingga suatu saat Desa Teluk Meku ini menjadi sentra ikan bandeng dan menjadi salah satu ikon di Kabupaten Langkat,” harapnya.

Pangkalan Susu Field Manager Dirasani Thaib menjelaskan bahwa kelompok binaan budidaya bandeng tersebut diberi nama Kelompok Benur Windu dengan jumlah anggota 11 orang. Kelompok ini berada di Desa Teluk Meku, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat. Penaburan benih dilakukan pada Juni 2015. “Selain itu kami memberikan bantuan berupa mesin kincir, mesin genset, pembangunan saung dan gudang,” jelas Dirasani.

Dia melanjutkan bahwa pada November 2015, kelompok ini juga telah mendapatkan pelatihan bandeng cabut duri dan pengolahan ikan bandeng menjadi bandeng presto, bandeng asap, baso, nugget, sosis dan produk lainnya. “Dalam panen perdana ini, kami pun akan memberikan bantuan mesin penepung untuk pembuatan pakan” katanya.

Sekretaris Kelompok Benur Windu, Syamsudin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pertamina EP dan Pemerintah Kabupaten Langkat serta berharap bantuan ini tidak berhenti sampai di sini.(LH)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)