Dunia Energi Logo Senin, 23 Oktober 2017

Profit Taking Masih Akan Berlanjut

JAKARTA – Belum tuntasnya sejumlah persoalan ekonomi di Amerika Serikat (AS) diprediksi masih akan membuat kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harap-harap cemas. Diprediksi aksi profit taking (ambil untung) masih akan berlanjut pada perdagangan awal pekan ini, Senin, 7 Januari 2013.

Diketahui bahwa pada perdagangan akhir pekan kemarin, Jumat, 4 Januari 2013, investor mulai melepas saham-saham yang sempat dikoleksi pada dua hari pertama perdagangan di awal 2013. Mereka memilih ambil untung mengikuti tren di Wall Street pada perdagangan hari sebelumnya.

Bedanya, aksi ambil untung di Bursa Efek Indonesia dilakukan setelah IHSG naik 10 poin, menyusul aksi borong saham oleh investor asing dengan nilai mencapai Rp 500 miliar. Begitu indeks menguat, saham-saham yang nilainya tinggi selama 2 hari di awal 2013 langsung dilepas, sehingga mendorong IHSG ke zona merah.

Untuk perdagangan hari ini, Millenium Danatama Securities memprediksi IHSG sudah mengalami “jenuh beli” dan cenderung bergerak fluktuatif. Beberapa analis lain pun memprediksi, aksi profit taking masih akan berlanjut, kecuali jika ada sentiment positif yang mendorong aksi beli di pasar modal.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)