Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

Produksi Tambang Emas Martabe Melebihi Target

Tambang Emas Martabe.

TAPANULI SELATAN – Dalam tiga bulan terakhir di 2012, produksi Tambang Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara mampu melebihi target yang telah ditetapkan, mencapai 34.624 ounces (oz) emas dan 134.877 oz perak.

Presiden Direktur G-Resources Martabe, Peter Albert mengungkapkan, setelah kembali beroperasi pada 30 Oktober 2012 lalu, Tambang Emas Martabe sebenarnya hanya menargetkan pencapaian 10% dari total produksi tahunan sebesar 250.000 oz emas dan 2.200.000 oz perak. Namun hasil yang dicapai hingga akhir 2012 ternyata berhasil melebihi target.

“Seluruh aktivitas konstruksi pertambangan, pengolahan bijih, dan infrastruktur terkait lainnya telah dituntaskan. Peningkatan aktivitas penambangan menuju produksi penuh berlangsung secara memuaskan dan sesuai jadwal,” ujar Peter pada Jumat, 1 Februari 2013.

Ia menambahkan, G-Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar tambang. Tantangan sebelumnya terkait pemasangan pipa, sudah berhasil diselesaikan dengan baik.

Dukungan masyarakat itu, tak lepas dari keberhasilan Tambang Emas Martabe membuktikan kualitas air sisa proses, yang kadar logamnya benar-benar berada di bawah standar baku mutu yang disyaratkan, sehingga aman bagi lingkungan.

(Abraham Lagaligo/abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)