Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Produksi Minyak Blok CPP pada 2015 Lampaui Target

Produksi minyak Blok CPP lampau target

Produksi minyak Blok CPP lampau target

JAKARTA– Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako (BOB BSP) dengan PT Pertamina Hulu menyatakan berhasil mencapai angka produksi minyak bumi sebesar 5.119.125 barel selama 2015 dalam mengelola Blok Coastal Plain Pekanbaru (CPP) di Provinsi Riau.

“Kami melampaui target produksi yang ditetapkan oleh negara,” kata Senior Operation Manager BOB PT Bumi Siak Pusako Pertamina Hulu Novi Sugianto seperti dikutip Antara.

Menurut Novi pemerintah memberikan target produksi minyak kepada BOB BSP-Pertamina sebesar 13.170 barel per hari pada 2015. Sedangkan manajemen gabungan perusahaan daerah dan Pertamina itu berhasil memproduksi rata-rata sebesar 14.025 barel per hari atau sebanyak 5.119.125 barel minyak selama 2015.

Menyikapi turunnya harga minyak mentah dunia, Novi Sugianto menjelaskan BOB telah melakukan efisiensi untuk menurunkan biaya produksi dan memangkas anggaran sejak pertengahan 2015.

Menurut dia, pada 2016 diperkirakan harga minyak masih rendah sehingga pihaknya tetap akan melakukan efisiensi agar BOB bisa bertahan mengasilkan keuntungan (revenue) bagi negara dan pemegang saham.

“Hal ini bukan hanya terjadi di BOB saja, namun terjadi pada semua bisnis perminyakan,” ujarnya.

Ia menyatakan pada 2016 diperkirakan penuh tantangan berat di industri perminyakan, sehingga BOB mengharapkan dukungan dan pengertian dari seluruh pemangku kebijakan untuk menghadapi masalah ini.

“Karena jika berlanjut bisa terjadi pengurangan pekerja, baik mitra kerja maupun pegawai BOB sendiri. Mudah-mudahan ada perubahan ke arah yang lebih baik di tahun 2016 dan BOB akan tetap berupaya dengan sekuat tenaga untuk tetap survive (selamat),” ujar Novi Sugianto.

BOB BSP-Pertamina mulai dipercaya oleh pemerintah untuk mengelola Blok CPP pada 6 Agustus 2002 selama 20 tahun hingga 2022. Sebelumnya, Blok CPP dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia dan pernah mencapai zaman keemasannya pada pada 1984 dengan produksi minyak mencapai 99.000 barel per hari.

Karena produksi minyak terus menurun secara alami dan tidak ada penemuan cadangan baru, produksi minyak Blok CPP terus menurun hingga kini dikelola BOB BSP-Pertamina yang baru bisa memproduksi 14.000 barel per hari. (DR)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)