Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Potensi Renewable Energy Melimpah, Gubernur Sulteng Minta Bantuan PLN

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Longki L. Djanggola, Msi.

JAKARTA – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H. Longki L. Djanggola, Msi pada Kamis, 21 Februari 2013 bertandang ke Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta, dan meminta bantuan untuk mengembangkan listrik dari energi baru terbarukan (renewable energy) yang melimpah di daerahnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulteng berdiskusi panjang dengan Direktur Konstruksi PLN, Nasri Sebayang. H Longki mengaku yakin, jika berbagai potensi renewable energy di Sulawesi Tengah dikembangkan, akan mampu meningkatkan rasio elektrifikasi di provinsi itu.

“Sulawesi Tengah memiliki banyak potensi sumber energi, terutama renewable energy. Diantaranya energi air, gas, juga panas bumi yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber penghasil listrik,” kata Gubernur Sulteng.

“Kami mohon PLN dapat membantu kami, bersama-sama menghadirkan listrik kepada masyarakat. Sehingga rasio eletrifikasi (jumlah masyarakat yang dapat menikmati listrik, red) di Sulawesi Tengah bisa lebih baik lagi,” tambahnya.

H. Longki juga menegaskan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan selalu siap bekerjasama dan mendukung PLN, dalam proses pembangunan infrastruktur kelistrikan di daerah berjuluk “Bumi Maleo” itu.

Direktur Konstruksi PLN, Nasri Sebayang dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan mengenai komitmen PLN, untuk membangun kelistrikan tidak hanya di Sulawesi Tengah, tetapi di seluruh Pulau Sulawesi.

Bahkan, kata Nasri, PLN telah menyusun rencana untuk membangun sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi, yang akan menghubungkan seluruh sistem kelistrikan yang  ada di pulau Sulawesi.

Ia menyebutkan, PLN saat ini sedang membangun transmisi untuk menyalurkan listrik dari PLTA (pembangkit listrik tenaga air) Sulewana ke Kota Poso dan juga ke Kota Palu.

“Untuk kelancaran dan keberhasilan percepatan pembangunan tower transmisi ini, PLN sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah dan juga Masyarakat di Sulawesi Tengah, terutama dalam penyediaan lahan untuk tapak tower dan jalur transmisi,” jelas Nasri.

(Iksan Tejo /duniaenergi@yahoo.co.id)

Komentar

  1. mansyur mengatakan:

    Kami siap bekerjasama / membantu Pemda Selawesi dan PLN untuk membangun Pembangkit Listrik tenaga Surya dengan 1 GW 0812 8081 0081

  2. joni mengatakan:

    kami siap mendukung / bekerjasama untuk pelaksanaan pembangunan renewable energy baik untuk power plant gas, air, angin juga panas bumi ( geothermal power plant )
    untuk melihat data perusahaan http://www.gexproasia.com
    email : joni.joni@gexpro.com
    Hp. 0812 88 123 176

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)