Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

PLN Siap Pasok Listrik ke Rumah Susun Korban Banjir

Rumah susun Marunda, salah satu yang disiapkan untuk relokasi warga korban banjir di Jakarta.

JAKARTA – Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) Bambang Dwiyanto menegaskan, pihaknya siap memasok listrik ke ribuan unit rumah susun yang disiapkan sebagai tempat relokasi (pemindahan, red) korban banjir di Jakarta.

“PLN siap mendukung upaya relokasi tersebut. PLN telah mengoperasikan gardu-gardu listrik untuk memasok listrik ke rumah-rumah susun tersebut,” kata Bambang di Jakarta, Minggu, 27 Januari 2013.

Tidak hanya itu, menurut Bambang untuk setiap rumah susun, PLN telah memasang Alat Pembatas dan Pengukur Listrik (APP). Dengan begitu, ribuan unit rumah susun  yang akan menjadi tempat tinggal baru warga korban banjir itu, saat ini sudah siap digunakan.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta sendiri telah menawarkan, agar warga yang selama ini rumahnya menjadi langganan banjir, untuk bersedia pindah ribuan unit rumah susun yang berlokasi di Marunda, Pulo Gebang, dan Muara Baru.

Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta mencatat, saat ini siap sebanyak 1.000 unit tempat tinggal di sejumlah rumah susun, untuk warga yang selama ini tempat tinggalnya selalu menjadi langganan banjir.

Secara terperinci disebutkan, sebanyak 500 unit disiapkan di Rumah Susun Marunda, 300 unit di Rumah Susun Pulogebang, dan 200 unit di Rumah Susun Bumi Elok, Muara Baru. Rumah-rumah susun itu sudah siap digunakan, karena sudah teraliri listrik dan air.

Saat ini, Pemerintah Daerah sedang dalam tahap mendata jumlah Kepala Keluarga (KK) yang hendak direlokasi ke rumah-rumah susun tersebut. Selanjutnya data itu akan diverifikasi, dan warga korban banjir akan segera mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak dari sebelumnya.

(Iksan Tejo/duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)