Dunia Energi Logo Senin, 12 November 2018

PLN Mulai Pembangunan Proyek Transmisi 500 kV Looping Jakarta

JAKARTA – PT PLN (Persero) memulai pembangunan Transmisi 500 kV Looping Jakarta, Section Kembangan – Duri Kosambi dan Section Duri Kosambi – Muara Karang. PLN menyiapkan dana Rp600 miliar untuk pembangunan proyek tersebut.

Haryanto WS, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, mengatakan kegiatan tersebut merupakan komitmen PLN dalam mewujudkan keandalan listrik di seluruh negeri, ditunjukkan dengan banyaknya infrastruktur kelistrikan dibangun.

“Proyek Transmisi 500 kV Looping Jakarta Section Kembangan – Duri Kosambi dan Section Duri Kosambi – Muara Karang ini pengerjaannya dibawahi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) dengan pelaksanaan oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat (UPP JJBB) 3,” kata Haryanto di sela peresmian pembangunan proyek transmisi Section Kembangan – Duri Kosambi, Jakarta, Senin (22/10).

Proyek Transmisi 500 kV Looping Jakarta ini merupakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan melalui program 35.000 megawatt (MW) yang akan ditargetkan selesai pada 2019. Pembangunan proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan penyaluran tenaga listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Serta menyalurkan energi murah dari pusat-pusat pembangkit yang berada di utara Jawa sehingga diharapkan dapat menurunkan biaya pokok penyediaan tenaga listrik.

Pembangunan ini pun ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Section Duri Kosambi – Kembangan memiliki panjang transmisi 7 kms (16 tower) dan Section Duri Kosambi – Muara Karang dengan panjang transmisi 22 kms (40 tower) merupakan bagian dari Jaringan Looping Jakarta yaitu Balaraja – Kembangan – Duri Kosambi – Muara Karang – Priok – Muara Tawar. Pembangunan Jalur Transmisi 500 kV Looping dilaksanakan dengan memanfaatkan jalur transmisi 150 kV yang sudah ada dengan mengupgrade atau meningkatkan jalur tersebut, yang merupakan upaya dari PLN untuk tetap berkomitmen meningkat keandalan walaupun ditengah keterbatasan lahan dan perizinan.

Baca juga  Formula Baru ICP Representasikan Kondisi Riil di Pasar

Pembangunan Transmisi 500 kV Looping Jakarta Section Duri Kosambi – Kembangan ditargetkan dapat beroperasi di Juni 2019 dan section Duri Kosambi – Muara Karang di Desember 2019.

Proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW dengan jalur transmisi baru sepanjang 46.000 kilometer sirkit (kms).

“Pembangunan ini untuk memperkuat keandalan sistem kelistrikan Jawa Bali di sistem 150 kV dan sistem 500 kV juga untuk memenuhi kebutuhan listrik di Jawa Bali khususnya Jakarta yang permintaan listriknya terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Haryanto.(RA)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.