Dunia Energi Logo Kamis, 18 Oktober 2018

PLN Kejar Pasokan Listrik MRT Jakarta

JAKARTA – PT PLN (Persero) menyelesaikan proyek pembangunan gardu induk (GI) untuk menunjang pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta. Kebutuhan listrik untuk MRT tahap pertama sebesar 60 MVA.

“GI untuk MRT sudah siap di Bulungan dan di Pondok Indah. Sekarang sedang menarik kabel tegangan tinggi bawah tanah ke Taman Sambas. Kalau proyek MRT selesai, Insya Allah PLN siap. Sementara ini kebutuhan listriknya 60 MVA untuk tahap pertama, untuk tahap kedua dari HI ke sana akan ada GI yang baru,” kata Haryanto WS, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN di Jakarta, baru-baru ini.

PLN Regional Jawa Bagian Barat diketahui tengah menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Jawa-2 dengan kapasitas 300 megawatt (MW) yang sudah memasuki tahapan sinkronisasi ke sistem interkoneksi Jawa Bali pada Kamis pekan lalu. PLTG Jawa-2 Unit I direncanakan beroperasi komersial (commercial date operation/COD) pada 10 Juni 2018.

PLN Regional Jawa Bagian Barat juga telah mengoperasikan 19 proyek Gardu Induk, Jaringan Transmisi dan Saluran Kabel Tegangan Tinggi Penyelesaian proyekproyek ini dilakukan oleh PLN Unit Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), PLN Unit induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), dan PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera Jawa (UIP ISJ).

“Adapula pekerjaan yang dilakukan PLN Distribusi Jakarta Raya dan Distribusi Banten. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelayanan listrik, termasuk untuk penyelenggaraan Asian Games 2018,” kata Haryanto.(RA)

Baca juga  Gandeng IUP, ESDM Kembangkan Diklat Tambang Bawah Tanah

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.