Dunia Energi Logo Senin, 20 November 2017

PLN Bersih: No Suap! No Korupsi! No Gratifikasi!

JAKARTA – Berbagai kegiatan dilakukan instansi pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pekan lalu, memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia. Salah satunya PT PLN (Persero) yang menggandeng Transparency International Indonesia (TII) mengkampanyekan PLN Bersih.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto mengungkapkan, Hari Anti Korupsi se-Dunia yang diperingati setiap 9 Desember, menjadi salah satu momentum yang ditempuh PLN, dalam menunjukkan komitmen korporasi yang secara sungguh-sungguh ingin membawa PLN menuju BUMN yang bersih dari korupsi.

Maka dari itu, terangnya, dalam memperingati Hari Anti Korupsi, PLN menjalin kerjasama dengan TII menggelar sejumlah kegiatan, yang secara serentak dilakukan oleh seluruh unit PLN mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, 7 Desember itu diantaranya apel peringatan Hari Anti Korupsi yang diikuti para pegawai PLN seperti yang dlakukan di Jawa Timur, dilanjutkan kunjungan ke lapangan, kemudian Deklarasi PLN Bersih di Jawa Barat,” jelas Bambang di Jakarta, Ahad, 9 Desember 2012.

Jajaran PLN juga melakukan inspeksi mendadak, untuk memantau secara langsung proses pelayanan pelanggan di unit-unit pelayanan PLN di Jakarta, dan sejumlah kegiatan lainnya.

“PLN sadar bahwa untuk menuju perusahaan kelas dunia, salah satu indikator utama adalah memiliki integritas yang tinggi, diantaranya integritas dalam hal anti korupsi,” tambahnya.

Ia melanjutkan, PLN sebagai BUMN yang mempunyai visi menjadi BUMN berlevel pelayanan kelas dunia, menjadikan Anti Korupsi sebagai salah satu bagian terpenting dalam membangun integritas korporasi.

“Kampanye PLN Bersih dimaksudkan agar para pegawai PLN dapat menjadi perusahaan yang benar-benar transparan dan akuntable, dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, termasuk dalam hal perbaikan sistem pengadaan barang dan jasa, sehingga dapat menghilangkan atau meminimalisir kemungkinan terjadinya praktik korupsi dan kolusi,” tegasnya.

Ia menjelaskan, PLN Bersih menjadi komitmen Direksi PLN bersama seluruh internal PLN, yang tentu saja sangat membutuhkan dukungan dari semua stakeholder untuk mewujudkan dan mempertahankan PLN yang Bebas dari Korupsi dan Kolusi.

“Kami bersih, Anda bersih, Kita bersih”. Dukung kami untuk mewujudkan budaya PLN bersih… No Suap! No Korupsi! No Gratifikasi!,” tandasnya.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)