Dunia Energi Logo Senin, 20 November 2017

PGN Memperluas Penggunaan Gas Bumi di Pasuruan

PASURUAN – PT PGN (Persero) membidik warga perumahan untuk memperluas penggunaan gas bumi bagi para pelanggan rumah tangga. Sebanyak 1.370 meter kubik gas bumi disalurkan kepada 137 kepala keluarga melalui jaringan pipa dan telah dapat dinikmati di berbagai lokasi, yaitu di Perumahan Tambak Yudan Makmur, Perumahan Kebonagung Mas, Perumahan Pucang Indah lestari, Perumahan Lentera Cluster dan Jl Erlangga. Seluruhnya berlokasi di Desa Purworejo dan Desa Kebonagung, Kota Pasuruan.

Area Head PGN Pasuruan, Mula Prasetyawan Senja, mengatakan pembangunan jaringan pipa dan penyaluran gas ke rumah tangga di Pasuruan merupakan bagian dari komitmen PGN untuk terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia. “Penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di Pasuruan ini juga menjadi bagian dari upaya PGN untuk mendukung program pemerintah dalam rangka konversi energi dari BBM ke gas bumi. Dengan dukungan dari masyarakat, para pemangku kepentingan dan pelaku usaha, PGN berharap dapat terus memperluas pamanfaatan gas bumi di Pasuruan,” kata Mula.

PGN menargertkan hingga akhir tahun 2015 sebanyak 200 rumah tangga di wilayah kota Pasuruan dapat tersalurkan gas bumi dan sebanyak 200 rumah tangga di kabupaten Pasuruan dapat menikmati gas bumi sebagai energi bebas subsidi. Dengan penambahan pelanggan di Pasuruan, maka untuk wilayah Jawa Timur jumlah pelanggan rumah tangga PGN telah mencapai 13.601 pelanggan.
Selain pelanggan rumah tangga, PGN juga telah menyalurkan gas kepada industri di wilayah Pasuruan. Tercatat sebanyak 96 industri dari berbagai sektor seperti makanan, kayu dan kimi yang sudah menggunakan gas. Total pelanggan industri PGN di Jawa Timur mencapai 409 industri dan melalui penggunaan gas bumi, para pelanggan industri di Pasuruan Pasuruan dan Jawa Timur dapat meningkatkan efisiensi, sehingga daya saing produnya semakin meningkat.

“Melalui penggunaan gas bumi, PGN berharap sektor industri dapat terus berkembang, sehingga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. PGN akan terus melakukan inisiatif untuk membangun infrastruktur dan memperluas jaringan gas bumi. Kami yakin, dengan peningkatan penggunaan gas bumi, ketahanan energi nasional juga akan semakin kokoh,” jelas Mula.
Hingga saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan 6.470 kilometer jaringan pipa gas di berbagai wilayah Indonesia. PGN juga melayani lebih dari 105 ribu pelanggan dari berbagai sektor seperti rumah tangga, transportasi, UKM, komersial, industri dan pembangkit listrik.(DR)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)