Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Pertamina – TNI AD Gelar Bakti Sosial di Perbatasan dan Daerah Terpencil

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiwan, KASAD Pramono Edhie Wibowo, dan Komisaris Utama Pertamina Sugiharto, meresmikan Pos Kesehatan Patra Kartika di Desa Lubuk Sabuk, Kecamagtan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Sabtu, 18 Mei 2013.

PONTIANAK – PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD)  melaksanakan bakti sosial di sejumlah wilayah perbatasan negara dan daerah terpencil, sebagai langkah nyata pengabdian dan pemberdayaan masyarakat Indonesia.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan dan Kepala Staf TNI AD Pramono Edhie Wibowo hadir langsung  dalam bakti sosial yang dilaksanakan di Pontianak dan Sanggau, Kalimantan Barat. Bakti sosial di Pontianak pada Kamis, 16 Mei 2013 itu, merupakan pembuka untuk memulai bakti sosial di sejumlah wilayah lainnya.

Secara keseluruhan, bakti sosial yang digelar Pertamina dan TNI AD akan dilakukan di wilayah 15 Komando Distrik Militer (Kodim) dan 20 Komando Resor Militer (Korem) yang terletak di daerah perbatasan, daerah terpencil, dan daerah rawan konflik. Beberapa diantaranya Kodam XII/Tanjung Pura, XVII/Cendrawasih, dan Kodam I /Bukit Barisan.

Bakti sosial yang diisi dengan layanan kesehatan dan pendidikan di 15 Kodim, terdiri dari pendirian Pos Kesehatan dan alat kesehatan, termasuk pemberian sumbangan mobil ambulance. Diikuti dengan pengobatan gratis yang terdiri dari operasi bibir sumbing, operasi hernia, dan operasi katarak bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Bakti pendidikan berfokus pada penyediaan alat alat Pendidikan Usia Dini (PAUD) serta buku buku perpustakaan di 96 PAUD. Pertamina juga memberikan beasiswa bagi siswa Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) berprestasi, dan Bea Siswa pendidikan SLTA dan Mahasiswa bagi putera daerah, serta Dana bantuan prestasi sepak bola untuk siswa SD/SMP di beberapa lokasi.

Selain itu juga dilakukan kegiatan bakti lingkungan. Berupa penanaman bersama antara Pertamina, TNI AD, dan masyarakat sebanyak 20 juta pohon selama 2013 di wilayah 20 Korem yang ada di daerah terpencil dan prbatasan.

Dalam bakti sosial di Pontianak pada Jumat, 17 Mei 2013, dilakukan di gedung Kesehatan Daerah Militer (KESDAM) XII Tanjung Pura. Layanan yang diberikan diantaranya pemeriksaan pelayanan kesehatan, juga operasi bibir sumbing, operasi katarak, dan operasi hernia.

“Sinergi ini merupakan bagian dari kerjasama antara Pertamina dan TNI AD dalam upaya pemberdayaan masyarakat di wilayah-wilayah perbatasan dan daerah terpencil di Tanah Air. Bagi Pertamina, aksi nyata ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan,” tutur Karen Agustiawan.

Pada Sabtu, 18 Mei 2013, bakti sosial dilaksanakan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Tepatnya di Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Bakti sosial di Sanggau meliputi peresmian Pos Kesehatan beserta semua kelangkapan, termasuk penyerahan mobil ambulance jenis 4×4 (double cabine).

Dalam bakti sosial di Sanggau, dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 1.000 warga. Juga penyerahan alat pendidikan usia dini termasuk buku buku perpustakaan. Pertamina bersama TNI AD juga melaksanakan penghijauan di lokasi dengan penanaman 13 ribu bibit pohon, diantaranya pohon Gaharu yang merupakan pohon asli wilayah Kalimantan.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Komentar

  1. Hilal mengatakan:

    Saya sangat mendukung acara yang dilakukan oleh TNI ini, maju terus TNI….

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)