Dunia Energi Logo Selasa, 14 Agustus 2018

Pertamina Tidak Tempatkan Komisaris di PGN

JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), emiten distribusi dan infrastruktur gas bumi merombak jajaran dewan komisaris dan mengganti satu direksinya. Fajar Harry Sampurno lengser dari kursi komisaris utama. Mantan direktur jenderal minyak dan gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sekarang menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM (BPSDM ESDM), IGN Wiratmaja Puja didapuk menggantikan Fajar.

Namun PT Pertamina (Persero) yang notabene menguasai 57% saham PGN melalui mekanisme holding BUMN migas tidak menempatkan orangnya di jajaran komisaris. Pertamina hanya mendapat jatah posisi direktur keuangan yang dijabat Said Reza Pahlevi yang sebelumnya merupakan direktur administrasi dan keuangan PT Pertamina Patra Niaga.

Jobi Triananda Hasjim, Direktur Utama PGN, menyatakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) disepakati perubahan AD/ART, ada penegasan hak yang disampaikan yang bisa dialihkan ke pemegang saham mayoritas.

Selain menunjuk komisaris utama yang baru, para pemegang saham juga menunjuk anggota dewan komisaris lainnya yaitu Hambra  yang juga Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN menggantikan Hendrika Nora Osloi S.

“Dalam RUPS juga sepakat mengangkat Said Reza Pahlevi untuk mengisi posisi direktur keuangan menggantikan pejabat sebelumnya, Nusantara Suyono,” kata Jobi usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PGN di Jakarta, Kamis (26/4).

RUPS juga menyetujui pembagian 40% laba bersih tahun buku 2017 sebagai dividen untuk pemegang saham.

Dengan perolehan laba bersih sebesar US$143 juta sepanjang tahun lalu, maka dividen yang akan dibayarkan kepada pemegang saham berjumlah Rp 766,27 miliar atau Rp 31,61 per lembar saham.

Manajemen juga telah mendapatkan izin prinsip untuk integrasi PT Pertamina Gas (Pertagas) ke PGN, sebagai tindaklanjut akta inbreng yang sudah ditandatangani April kemarin.

Baca juga  Pertamina Distribusikan 169 Paket Converter Kit untuk Nelayan Kecil Labuhan Batu

“Dengan ini, kami bisa lanjutkan proses integrasi Pertagas ke PGN. Nilainya masih dalam proses pengkajian, kalau sudah ada nilainya kami akan sampaikan ke media. Sebelumnya kita akan meminta persetujuan RUPS kembali,” tandas Jobi.(RI)

Berikut susunan Komisaris dan Direksi PGN yang baru:

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Jobi Triananda Hasjim

Direktur Keuangan: Said Reza Pahlevi

Direktur Infrastruktur dan Teknologi: Dilo Seno Widagdo

Direktur Komersial: Danny Praditya

Direktur SDM dan Umum: Desima Equalita Siahaan

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama: IGN Wiratmaja Puja

Komisaris: Mohamad Ikhsan

Komisaris: Hambra

Komisaris Independen: Kiswodarmawan

Komisaris Independen: Paiman Raharjo

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.